Jangan Banyak Alasan!! Sholat Jamak Qasar, Solusi Sholat Diperjalanan

By. Dewi Savitri - 29 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Sholat merupakan ibadah wajib umat muslim yang tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi apapun termasuk saat dalam perjalanan. Allah SWT sudah memberikan berbagai kemudahan bagi para musafir seperti misalnya diperbolehkan untuk tidak melaksanakan puasa Ramadhan saat dalam perjalanan, hingga memberi kemudahan untuk dapat meringkas dan menggabungkan dua sholat wajib dengan syarat dan ketentuan tertentu.

 

Baca Juga: Keutamaan Sedekah dalam Islam, Berlomba dalam Kebaikan dan Capai Keberkahan

 

Kegiatan meringkas dan menggabungkan dua sholat wajib ini disebut dengan istilah sholat jamak qasar. Sholat jamak adalah kegiatan mengumpulkan dua sholat wajib atau sholat fardhu yang dilakukan dalam satu kali sholat. Sholat jamak dapat dilakukan untuk sholat wajib dzuhur dengan ashar dan maghrib dengan isya.

 

Waktu pelaksanaan sholat jamak dapat dilakukan di waktu sholat pertama (taqdim) ataupun diwaktu sholat kedua (ta’khir). Misalnya, pada saat melakukan sholat jamak taqdim sholat dzuhur dengan ashar maka sholat dapat dilaksanakan pada saat sholat dzuhur. Saat sholat dilakukan pada waktu sholat kedua seperti sholat dzuhur dan asar dilakukan pada sholat ashar maka itu disebut sholat jamak ta’khir.

 

Selanjutnya adalah sholat qasar. Sholat qasar merupakan sholat yang meringkas jumlah rakat sholat seperti empat rakat menjadi dua rakat. Sholat ini diperpendek sebagai keringanan bagi umat muslim saat melakukan perjalanan atau musafir. Sholat qasar tidak dapat dilakukan untuk sholat subuh. Hal ini dikarenakan sholat subuh sendiri memiliki jumlah rakat yang sudah pendek yaitu dua rakat.

 

Baca Juga: Adakah Keutamaan Menikah di Bulan Dzulhijjah? Jangan Salah!!!

 

Sholat jamak dan sholat qasar dapat digabungkan menjadi satu apabila sudah memenuhi syarat keduanya. Sholat ini dapat dilakukan untuk sholat wajib dengan menggabungkan dua sholat dalam satu waktu kemudian jumlah rakaatnya diringkas. Misalnya, saat melakukan sholat dzuhur dan ashar dilakukan dengan menjamak keduanya pada waktu sholat pertama (jamak taqdim) kemudian, masing-masing sholat dikurangi jumlah rakaatnya menjadi dua rakat. Jadi musafir cukup melaksanakan kedua sholat ini disatu waktu dan melaksanakan keduanya hanya dalam empat rakat.

 

Namun, sholat jamak dan qasar dilakukan dengan dua kali salam dan tidak dapat digabung dalam satu kali salam. Sholat jamak qasar juga hanya diperbolehkan untuk musafir yang sedang dalam perjalanan yang jauh.

 

Baca Juga: Berbagai Keutamaan dari Mengerjakan Sholat Sunnah: Mendekatkan Diri pada Yang Kuasa

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp