Surat Pendek Al-Qur'an, Ini Dia 6 Keutamaan Surat Al-Kautsar

By. Dewi Savitri - 29 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Surat Al-Kautsar merupakan salah satu surat paling pendek didalam Al-Qur’an. Bagaimana tidak, surat ini hanya terdiri dari tiga ayat saja. Surat Al-Kautsar tergolong kedalam golongan surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di Makkah. Sama seperti surat-surat lain didalam Al-Qur’an, surat Al-Kautsar juga memiliki keutamaan-keutamaan bagi para pembaca dan yang mengamalkannya. Berikut beberapa keutamaan surat Al-Kautsar:

 

Baca Juga: Jangan Banyak Alasan!! Sholat Jamak Qasar, Solusi Sholat Diperjalanan

 

1. Diberi Nikmat oleh Allah SWT

 

Surat Al-Kautsar menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan banyak nikmat kepada Rasulullah SAW. Dari banyaknya nikmat tersebut, beberapa diantaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga Al-Kautsar di surga kelak. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa membaca surat Al-Kautsar dapat memberi kita nikmat hidup yang melimpah di dunia dan di akhirat kelak.

 

2. Berikan Arahan untuk Mensyukuri Nikmat Allah

 

Surat Al-Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah SAW untuk mensyukuri nikmat yang banyak dengan sholat dan melaksanakan kurban. Perlu diingat bahwa saat melaksanakan dua ibadah tersebut kita perlu memperhatikan niat. Apabila melakukan kedua ibadah tersebut, baiknya kita niatkan karena Allah SWT, bukan karena hal-hal yang lain.

 

3. Menjadikan Keluarga Harmonis

 

Umat muslim dapat membaca dan mengamalkan surat Al-Kautsar setelah melaksanakan sholat tahajjud bersama pasangan. Surat Al-Kautsar dipercaya dapat membantu hubungan antara suami isteri dan keluarganya menjadi lebih harmonis, sakinah, mawaddah, warrahmah.

 

4. Melunakkan Hati Seseorang

 

Baca Juga: Surat Pembuka, 5 Keutamaan Surat Al-Fatihah yang Harus Kamu Tau

 

Membaca surat Al-Kautsar selama tiga kali dipercaya dapat melunakkan hati orang yanga akan kita temui. Selain itu, bagi orang yang senantiasa membaca surat Al-Kautsar akan mendapatkan ketentraman hati.

 

5. Dapat Mencicipi Air dari Surga di Akhirat

 

Seorang muslim yang rutin membaca surat Al-Kautsar semasa hidupnya, Allah akan memberikan sebuah pertolongan di akhirat nanti dengan memberikan air minum yang berasal dari surga.

 

6. Membuka Jalan Terkabulnya Do’a

 

Setiap manusia pasti memiliki harapan dan keinginan, sebagai seorang muslim yang baik, untuk mendapatkan apa yang kita inginkan kita harus berusaha dengan diiringi do’a. Berdo’a dan mengamalkan surat Al-Kautsar dengan perasaan ikhlas dari dalam hati saat hujan tiba dapat membuat do’a baik yang dipanjatkan menemukan titik terang dan memberikan kesempatan lebih besar untuk dikabulkan Allah SWT.

 

Baca Juga: Keutamaan Sedekah dalam Islam, Berlomba dalam Kebaikan dan Capai Keberkahan

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan surat Al-Kautsar yang kami rangkum khusus untuk Sobat Batemuri sekalian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat Semua!!

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp