Shibam - Yaman : Manhattan-nya Gurun Pasir

By. Siti Rahmawati - 29 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Di tepi padang pasir Empty Quarter yang luas yang mendominasi semenanjung Arab, menara-menara putih dan cokelat menjulang bersama dari dasar lembah seperti istana pasir yang tinggi.

 

Dulu mereka menyambut karavan yang lelah melintasi Jalan Sutra: sekarang mereka berdiri sebagai kesaksian atas kecerdikan peradaban yang hilang.

 

 

 

Ini adalah kota bertembok kuno Shibam, dijuluki "Manhattan padang pasir" oleh penjelajah Inggris Freya Stark pada tahun 1930-an, di zaman modern Yaman ,

 

sebuah negara yang juga merupakan rumah bagi harta karun arkeologi lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

 

 

 

 

Kerajaan Saba, diperintah oleh Ratu Sheba yang legendaris, dan banyak dinasti lain di dunia kuno bangkit dan jatuh di sini,

 

 kekayaan mereka terkait dengan posisi Yaman di persimpangan perdagangan awal kemenyan dan rempah-rempah antara Afrika dan Asia.

 

 

 

Sumber gambar : undilife.com

 

 

Bagai kota modern dengan kotak-kotak gedung pencakar langitnya yang tersembunyi di sebuah gurun, peninggalan dari berabad-abad silam.

 

Itulah Shibam, sebuah permukiman besar di selatan Jazirah Arab, sebuah situs sejarah dan kajian para arkeolog.

 

 

 

Kota yang berpenduduk 7.000 orang berdiri di kawasan gurun Ramlat al-Sab`atayn dan di sebuah oasis dari Wadi Hadramaut.

 

Kota Shibam telah ditetapkan oleh UNESCO menjadi situs sejarah penting dunia, khususnya di kawasan Yaman Selatan.

 

 

 

Baca juga :

 

 

 

 

 

 Kota ini pernah menjadi pusat pemerintahan saat kejayaan Hadramaut pada masa pra-Islam hingga kejayaan peradaban Islam.

 

Shibam tercatat telah ada sejak abad ketiga Masehi dan mencapai puncak kejayaan struktur bangunannya pada abad ke-16 M.

 

 

 

Kota Shibam ini juga dikenal menjadi kota penghubung utama antara kota-kota penting tua di wilayahnya, seperti San'a, Seiyun, dan kota-kota lain di wilayah Yaman barat ke wilayah timur.

 

Dari kota ini pula, hubungan interaksi dagang jalur laut masyarakat Arab terjalin dengan penduduk di kawasan Afrika Timur, Asia Selatan, hingga ke kawasan Asia Tenggara dan nusantara.

 

 

 

Saratnya kenangan bukan satu-satunya keunikan kota ini. Shibam juga dikenal karena keunikan stuktur bangunan-bangunan tingginya yang hanya terbuat dari bata lumpur kering.

 

Struktur bangunan bata lumpur yang dikeringkan ini memang telah digunakan sejak lama di seluruh kawasan semenanjung Arab dan Timur Tengah.

 

Akan tetapi, tidak banyak bangunan situs sejarah dengan struktur bata lumpur kering, dengan stuktur bangunan tinggi megah yang mampu bertahan hingga kini.

 

 

 

 

Baca juga :

 

 

 

 

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp