Sobat Harus Tahu, Standard Pelayanan Ibadah Umrah

By. Danan - 31 Jan 2023

Bagikan:
img

Assalamu’alaikum Sobat Annabil.

Setiap umat muslim di Indonesia dapat berangkat umrah melalui Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Ada banyak PPIU di Indonesia, baik yang resmi yang terdaftar maupun tidak. Setiap PPIU harus memiliki standar pelayanan yang diberikan kepada Jemaah. Pelayanan yang Sobat dapatkan, tentu harus sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Untuk itu, pemerintah telah mengeluarkan standar pelayanan untuk melaksanakan ibadah umrah. Sobat harus tau, bagaimana standard pelayanan ibadah umrah yang baik, sehingga Sobat Annabil dapat memiliki PPIU yang baik dan terpercaya.

  1. Bimbingan Jemaah

Bagi Sobat Annabil yang ingin berangkat ibadah umrah, tentu saja membutuhkan bimbingan agar dapat mengerjakan ibadaha umrah dengan baik dan benar. Pelayanan PPIU yang baik adalah memberikan bimbingan jemaah ibadah umrah sebelum keberangkatan, dalam perjalanan, dan selama di Arab Saudi. Bimbingan ini meliputi materi bimbingan manasik dan perjalanan umrah. Jadi Sobat Annabil yang masih awam dengan prosesi ibadah umrah bisa tenang dan dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk.

  1. Transportasi Udara dan Darat

Ada banyak maskapai penerbangan yang menyediakan rute perjalanan dari Indonesia, baik direct ke Arab Saudi maupun transit dahulu di negara lain. Nah Sobat, PPIU wajib menyediakan pilihan maskpai penerbangan dari Indonesia ke Arab Saudi dan dari Arab Saudi ke Indonesia paling banyak 1 kali transit dengan paling banyak 2 maskapai penerbangan. Selain itu, PPIU juga wajib menyediakan tempat yang layak dan nyaman bagi Sobat selama berada di bandara.

Sedangkan untuk transportasi darat selama di Arab Saudi, PPIU harus meyediakan pilihan transportai yang memenuhi standar kelayakan dan kenyamanan seperti, usia bus paling lama 5 tahun, kapasitas bus paling banyak 50 seat/bus, memiliki air condition, sabuk pengaman, tombol manual darurat pembuka pintu, alat pemecah kaca, alat pemadam kebakaran, bagasi yang terletak di bawah, ban cadangan atau ban anti bocor, toilet, perlengkapan lainnya harus dalam kondisi baik dan berfungsi.

  1. Hotel atau Tempat Tinggal Jemaah

Lanjut ke tempat tinggal Sobat selama di Makkah dan Madinah, PPIU wajib menempatkan Jemaah paling jauh 1.000 meter dari Masjidil Haram di Makkah dan di dalam wilayah Markaziyah di Madinah pada hotel paling rendah bintang 3. PPIU wajib menyediakan transportasi 24 jam untuk Sobat, dengan setiap kamar diisi paling banyak 4 orang. Konsumsi selama di Arab Saudi wajib memenuhi persyaratan seperti pelayanan dengan sistem penyajian secara prasmanan sebanyak 3 kali sehari dengan beberapa pilihan menu termasuk menu Indonesia. Makanan dan minumin yang disajikan harus memenuhi standar higienitas dan kesehatan. Konsumsi sebelum, dalam perjalanan, atau di bandara juga diberikan dalam kemasan boks.

  1. Asuransi

Yang terakhir dan jangan sampai Sobat lupakan, yaitu asuransi. PPIU wajib memberikan asuransi jiwa, kesehatan, dan kecelakaan yang mengcover Sobat selama menjalankan ibadah di tanah Suci.

Ketika Sobat Annabil memilih PPIU untuk berangkat umrah, 4 hal diatas menjadi acuan untuk bisa mempertimbangkan paket yang akan dipilih.

Sobat tenang saja, Annabil Tour tentu saja sudah memenuhi semua standard - standard diatas.
Maskapai pilihan Direct ke Arab Saudi, Hotel bintang 4 dan 5 dengan jarak 300-500 meter dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Yuk, tunggu apa lagi!
 



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp