Jenis dan Syarat Hewan yang Boleh Dikurbankan dalam Idul Adha

By. Darma Taujiharrahman - 31 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Haji, merupakan salah satu perayaan penting dalam agama Islam. Pada hari ini, umat Muslim di seluruh dunia merayakan pengorbanan Nabi Ibrahim (Abraham) dan mengekspresikan rasa syukur kepada Allah. Salah satu aspek utama dari perayaan ini adalah kurban hewan.

 

Dalam Idul Adha, umat Muslim menyembelih hewan kurban sebagai bagian dari ibadah penting. Hewan kurban yang boleh disembelih harus sehat, utuh, dan halal.

 

Baca juga:

 

Sebagaimana dijelaskan dalam Q.s Al-Kautsar ayat 2 tentang perintah melaksanakan kurban.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Artinya: “Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah!

 

Itu, sebagai rasa syukurmu kepada Tuhanmu, maka laksanakanlah salat dengan ikhlas semata-mata karena Tuhanmu, bukan dengan tujuan ria; dan berkurbanlah demi Allah dengan menyembelih hewan sebagai ibadah dan sarana mendekatkan diri kepada Allah.

 

Namun, tidak semua hewan boleh dikurbankan dalam Idul Adha. Berikut ini adalah beberapa hewan yang boleh dikurbankan dalam perayaan ini:

  1. Sapi: Selain domba, sapi juga boleh dikurbankan dalam Idul Adha. Kurban sapi memiliki nilai yang lebih besar karena ukurannya yang lebih besar daripada domba. Sapi yang dikurbankan harus berumur minimal dua tahun dan dalam kondisi sehat.
  2. Kambing: Selain domba dan sapi, kambing juga boleh dikurbankan dalam perayaan Idul Adha. Kambing seringkali menjadi pilihan alternatif yang populer karena ukurannya yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Kambing yang dikurbankan harus berumur minimal satu tahun dan dalam kondisi sehat.
  3. Kerbau atau Domba: hewan yang paling umum dikurbankan dalam Idul Adha. Tradisi ini berdasarkan pada kisah Nabi Ibrahim yang siap mengorbankan putranya atas perintah Allah, namun kemudian digantikan dengan seekor domba. Domba yang dikurbankan harus berumur minimal satu tahun dan dalam kondisi sehat.
  4. Unta (di beberapa daerah tertentu): Di beberapa wilayah yang memiliki populasi unta yang cukup besar, unta juga dapat dikurbankan dalam Idul Adha. Meskipun tidak umum, pengorbanan unta memiliki nilai yang sama dalam konteks perayaan ini. Unta yang dikurbankan harus berumur minimal lima tahun dan dalam kondisi sehat.

 

Penyembelihan hewan kurban harus dilaksanakan dengan benar dan memenuhi unsur kehalalan. Setelah disembelih, daging hewan kurban dapat disalurkan kepada masyarakat sebagai penyediaan daging hewan yang halal

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp