Jangan Salah!!! Tata Cara Lempar Jumrah Beserta Sunnah - Sunnahnya

By. Darma Taujiharrahman - 31 May 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Salah satu ritual penting dalam ibadah haji adalah pelemparan jumrah. Pelemparan jumrah adalah tindakan melempar batu ke tiga tiang yang melambangkan setan di Mina, dekat Mekah. Ritual ini memiliki makna simbolis yang dalam dan mengingatkan para jamaah haji akan perjuangan Nabi Ibrahim (Abraham) dalam menghadapi ujian dari Allah. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan tata cara pelemparan jumrah yang dilakukan oleh jamaah haji.

 

Sebelum melaksanakan pelemparan jumrah, jamaah haji perlu melakukan persiapan tertentu. Mereka harus membersihkan diri dengan mandi wajib (mandi janabah) atau wudhu (jika tidak dalam keadaan junub). Selain itu, jamaah haji juga harus mengenakan pakaian ihram yang merupakan pakaian khusus yang dipakai selama menjalani ibadah haji.

 

Baca juga:

 

Sumber foto: Dream.co.id

 

Tempat dan Waktu Melempar Jumrah

 

Pelemparan jumrah dilakukan di Mina, sebuah lembah di dekat Mekah. Ritual ini dilakukan pada hari-hari Tasyrik, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 bulan Dzulhijjah (bulan terakhir dalam penanggalan Islam). Jamaah haji melakukan pelemparan pada tiga tiang yang mewakili tiga setan yang mencoba menggoda Nabi Ibrahim ketika dia hendak mengorbankan putranya atas perintah Allah.

 

Dan disunnahkan pelaksanaannya dalam pelemparan jumrah aqabah yaitu setelah terbit matahari (Waktu Dhuha) di hari nahar (10 Dzulhijjah). Sedangkan pada ketiga hari tasriq 11 s.d 13 Dzulhijjah melakukan lempar 3 jumrah setelah tergelincirnya matahari (waktu Dzuhur).

 

عَنْ جَابِرٍ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَرْمِى اَلْجَمْرَةَ ضُحًى يَوْمَ النَّحْرِ وَحْدَهُ وَرَمَى بَعْدَ ذَلِكَ بَعْدَ زَوَالِ الشَّمْسِ - رواه مسلم 

Artinya: Jabir berkata: “Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melontar satu jumrah saja (jumrah aqabah) pada waktu dhuha hari Nahar. Dan sesudah itu hari-hari berikutnya (tanggal 11 s.d. 13 Dzulhijjah) beliau melempar (3 jumrah) setelah tergelincir matahari” (H.R. Muslim)

 

Cara Melempar Jumrah

 

Lempar jumrah merupakan simbol melempar setan yang dijelmakan dalam tiga bagian, yaitu jumrah ula (pertama) atau jumrah sughra, jumrah wustha (tengah), dan jumrah 'aqabah (terakhir).

  1. Ketika melempar batu kerikil ke tembok harus dilakukan sebanyak 7 kali lemparan. Cukup gunakan 1 kerikil di tiap lemparan.
  2. Batu yang dilempar tidak harus mengenai tembok ka'bah, namun tetap diusahakan jatuh ke dalam kubangan yang mengelilinginya.
  3. Harus dilakukan secara tertib dan berurutan, yaitu tanggal 10 Dzulhijah hanya melempar jumrah Aqobah. Disusul tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah melempar jumrah dimulai dari jumrah Syugro, Wustha, Aqobah.
  4. Bagi jemaah yang tidak dapat melaksanakan lempar jumrah pada tanggal 10, 11, 12 Dzulhijah karena sebab tertentu, maka dia harus menyelesaikan melempar jumrah pada tanggal 13 Dzulhijah dengan ketentuan yang sama. Yaitu dilakukan secara urut dan tertib, dimulai dari jumrah Aqobah untuk tanggal 10 Dzulhijah, kemudian jumrah Syugro, Wustha, Aqobah untuk tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah.
  5. Mewakili lempar jumrah orang lain baru bisa dilakukan ketika jemaah telah melempar jumrah Aqobah untuk dirinya sendiri. Jika sudah, lanjutkan dengan melempar jumrah untuk orang lain, sesuai dengan ketentuan yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  6. Batu kerikil yang telah disiapkan harus dilempar, meskipun tidak dapat mengenai tembok dan tidak boleh hanya sekadar diletakkan atau dijatuhkan ke dalam kubangan.
  7. Ketika akan melempar jumrah disunahkan untuk membaca takbir dan doa sebagai berikut:

 

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ رَجْمًا لِلشَّيَاطِينِ وَرِضًا لِلَّرْحْمَنِ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حَجًّا مَبْرُورًا وَسَعْياً مَشْكُورًا

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar. Laknat bagi setan dan keridhaan bagi Allah yang Maha Kasih. Ya Allah, jadikanlah hajiku ini diterima dan sa’iku ini disyukuri.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp