Pewaris Kekaisaran Bizantium, Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Yunani !

By. Siti Rahmawati - 31 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Yunani, merupakan negara Eropa Tenggara yang letaknya paling selatan di Semenanjung Balkan.

 

Yunani berbatasan di timur dengan Laut Aegea, di selatan dengan Laut Mediterania, dan di barat dengan Laut Ionia.

 

 

 

Di sebelah utara dan timur laut Yunani memiliki perbatasan darat yaitu dengan Albania dari barat ke timur dan Republik Makedonia Utara.

 

Yunani memiliki lebih dari 2 ribu pulau, sekitar 170 di antaranya berpenghuni beberapa pulau Aegean paling timur terletak hanya beberapa mil dari pantai Turki.

 

 

Sumber gambar : idntimes.com

 

 

 

Ibu kota Yunani adalah Athena yang berkembang pesat pada paruh kedua abad ke-20.

 

Attikí yang dikenal dalam Yunani kuno Attica, area di sekitar ibu kota, sekarang menjadi rumah bagi sekitar sepertiga dari seluruh populasi negara.

 

 

Mengutip dari laman Britannica, orang Yunani seperti orang Yahudi dan Armenia, secara tradisional adalah orang diaspora dan beberapa juta orang keturunan Yunani tinggal di berbagai belahan dunia.

 

Terletak di persimpangan Eropa, Asia, dan Afrika dan merupakan pewaris warisan Yunani Klasik, Kekaisaran Bizantium, dan hampir empat abad pemerintahan Ottoman Turki.

 

 


 

 

Baca juga :

 

 

 

 

 

Negara Yunani memang memiliki pemandangan sangat indah, negara dengan penduduk yang ramah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Jika ingin mengetahui informasi lebih banyak lagi tentang Yunani, berikut ini terdapat fakta-fakta unik yang harus kamu tahu.

 

 

 

Tidak memiliki sungai

 

Yunani merupakan negara pegunungan terbesar ke-2 di Eropa setelah Swiss. Sebanyak 80 persen wilayah Yunani terdiri dari pegunungan dan 50 persennya ditutupi oleh hutan.

 

Kondisi geografis tersebut menyebabkan Yunani tidak memiliki sungai.

 

 

Kaya akan sejarah

 

Dapat dikatakan bahwa cerita sejarah yang dimiliki oleh Yunani sangat kelam dan panjang. Dahulu Yunani terbentuk oleh dua bangsa, yaitu Athena dan Sparta.

 

Kemudian Persia yang saat itu merupakan negara terkuat di dunia ingin memperluas wilayahnya dengan menaklukan Athena dan Sparta. Beruntung kedua bangsa ini berhasil mengusir Persia.

 

 

Bahasa Peradaban Dunia

 

Bahasa Yunani termasuk menduduki tempat yang sangat penting dalam peradaban Dunia Barat.

 

Dimulai dari wiracarita yang ditulis oleh Homeros, sastra Yunani Kuno mencakup banyak karya penting terhadap norma-norma kesusastraan Dunia Barat.

 

 

Pariwisata

 

Yunani memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, berbalut legenda, tersaji dalam bentuk arsitektur yang luar biasa.

 

Meskipun sebanyak 80 persen wilayahnya merupakan tanah pegunungan, Yunani memiliki banyak pulau-pulau cantik, serta garis pantai terpanjang ke 11 di dunia.

 

 

 

 

 

Baca juga :

 

 

 

 

 

 

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp