6 Rekomendasi Wisata di Bangka Belitung, Nikmati Sensasi Belajar Film Laskar Pelangi

By. Dewi Savitri - 06 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Provinsi Bangka Belitung terletak di sebelah timur Sumatera dan merupakan destinasi pariwisata yang menarik di Indonesia. Terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, provinsi ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, pantai-pantai berpasir putih, air laut yang jernih, serta budaya dan sejarah yang kaya. Jika kamu ingin berlibur di tempat dengan pemandangan alam yang luar biasa, maka Bangka Belitung adalah pilihan yang sempurna.

 

Baca Juga: Masih di Jakarta!! 5 Pulau Cantik yang Wajib Kamu Kunjungi di Kepulauan Seribu

 

Sempat dikenal sebagai lokasi shooting film Laskar Pelangi, berikut adalah beberapa wisata yang tidak boleh kamu lewatkan disini:

 

1. Pantai Tanjung Kelayang

 

Pantai Tanjung Kelayang memberikan pemandangan laut dengan bebatuan granit di bibir pantai yang jika dilihat sekilas, bebatuan ini terlihat seperti kepala Burung Garuda. Pantai ini ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bidang pariwisata oleh pemerinta sejak tahun 2016. Jika kamu berkunjung ke Bangka Belitung, jangan lupa mampir ke pantai ini dan nikmati keindahannya.

 

2. Ketawai Island Center Bangka

 

Ketawai Island Center Bangka merupakan salah satu wisata yang popular disini. Pulau ini termasuk pulau kecil tidak berpenghuni. Meskipun demikian, pulau ini menjadi tempat wisata yang nyaman untuk dikunjungi. Terlebih lagi, adanya pohon kelapa yang ditanam disekitar pulau membuat pulau ini terlihat lebih asri. Meskipun pulau ini tak berpenghuni namun, fasilitas di pulau ini sudah cukup lengkap mulai dari toilet, musholla, hingga alat snorkeling dan jetski.

 

3. Danau Kaolin Belitung

 

Baca Juga: Primadona Pesisir Utara, Ini Dia 5 Destinasi Wisata Terbaik di Jepara

 

Danau Kaolin Belitung mulanya adalah sebuah tempat pertambangan material kaolin. Kaolin adalah suatu mineral bahan industri yang sering digunakan dalam kosmetik, kertas, pasta gigi, dan kemasan makanan. Danau ini memiliki pemandangan air berwarna biru yang aman karena tidak menghasilkan suhu panas.

 

4. Pantai Tanjung Tinggi

 

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu lokasi shooting film Laskar Pelangi yang hits di tahun 2000-an. Tempat ini memiliki pemandangan bebatuan granit yang menjulang tinggi dan bersanding dengan air laut yang jernih serta pasir putih yang lembut. Akses meunuju pantai ini cukup mudah dan hanya memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin.

 

5. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

 

Sekolah SD Muhammadiyah Laskar Pelangi menjadi ikon dari wisata ini. tempat ini menjadi ikonik di Bangka Belitung karena menyerupai bangunan aslinya. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp5000 rupiah saja, para pengunjung dapat menikmati sensasi belajar seperti di film Laskar Pelangi.

 

6. Museum Kata Andrea Hirata

 

Selain kedua wisata diatas, wisata yang dapat dikunjungi di Bangka Belitung berikutnya adalah Museum Kata Andrea Hirata. Khususnya bagi para fans film Laskar Pelangi atau penikmat karya Andrea Hirata, museum ini dapat memberikan kesan yang sangat mendalam bagi kalian. Diresmikan pada tahun 2012, museum ini menghadirkan berbagai koleksi karya sastra Indonesia yang penuh dengan jejak historis. Selain itu, salah satu yang mencolok dari objek wisata ini adalah bangunan warna-warni seperti Pelangi disetiap dinding yang cocok menjadi background foto untuk mengisi konten sosial media kamu.

 

Baca Juga: Lagi Viral!! Nikmati 5 Kuliner Terkenal di Pasar Lama Tangerang, Bikin Nagih dan Pengen Balik Lagi

 

Itulah beberapa rekomendasi wisata untuk kalian yang ingin mengunjungi Bangka Belitung. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menyusun rencana liburan kalian. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten pariwisata ataupun konten Islami lain silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp