Dua Bagian ini Wajib Putus Saat Penyembelihan Hewan, Jangan Salah!!!

By. Darma Taujiharrahman - 08 Jun 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Islam sangat menjunjung tinggi penyembelihan hewan untuk mendapatkan daging yang halal dan syar'i. Dalam hal ini, ada dua kategori dasar tata cara penyembelihan: teknik nahar dan teknik dzabh. Teknik dzabh digunakan pada mamalia atau burung berleher pendek, seperti kambing, domba, sapi, unggas, dan burung, sedangkan teknik nahar digunakan pada spesies berleher panjang seperti unta.

 

Kedua metode dirancang untuk memastikan bahwa dua urat leher dan tenggorokan dan kerongkongan dapat terputus selama penyembelihan atau pemotongan hewan. Para ulama memiliki pandangan yang berbeda tentang komponen yang perlu diputuskan dalam proses penyembelihan ini. 

 

Baca juga:

 

Beberapa ulama terkemuka percaya bahwa hanya dua urat leher dan tenggorokan yang perlu dipotong. Namun sebagian orang sependapat dengan Imam Syafi'i bahwa kerongkongan dan tenggorokan adalah satu-satunya organ yang terputus.

 

Kesimpulannya, dapat disimpulkan bahwa spesifikasi saluran yang perlu dipilih adalah daerah yang dapat mengalirkan darah dengan deras, baik di pembuluh darah, tenggorokan, maupun kerongkongan. Oleh karena itu, selama prosedur penyembelihan, dua atau ketiganya harus dipilih.

 

Hal ini sebagaimana juga telah dijelaskan dalam hadist Nabi Muhammad saw riwayat Rafi bin Khadij

 

 

Adapun dasar yang memastikan terputusnya 2 bagian utama dari leher hewan tersebut adalah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Umamah bahwa Rasulullah saw bersabda

 

 

Memahami prinsip dan tata cara memelihara hewan penyembelihan dalam Islam sangatlah penting. Ini berkaitan dengan masalah kesehatan dan kebersihan serta menunjukkan rasa hormat terhadap tindakan mengambil nyawa. Muslim dapat memastikan mereka mengkonsumsi daging yang halal dan sesuai dengan ajaran agama dengan mengetahui metode penyembelihan dan perspektif teologis yang sesuai.

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp