Tradisi Grebeg Besar Demak akan Diusulkan Jadi Warisan Budaya Dunia ke UNESCO

By. Siti Rahmawati - 08 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Mendekati perayaan Grebeg besar Demak jajaran pemerintah kabupaten Demak sudah mulai mempersiapkan even agung tahunan ini.

Dilansir dari web dinas pariwisata Kabupaten Demak Pemerintah sudah melakukan pisowanan.

 

 

Pisowanan merupakan rangkaian awal Grebeg Besar Demak, diselenggarakan pada hari Senin, (05/6/23). Kegiatan yang berlangsung di Sasana Rengga Kadilangu tersebut, dihadiri Bupati Demak, dr.H.Eisti’anah, bersama Wakil Bupati, KH. Ali Makhsun.

Dari pihak Kasepuhan sendiri turut hadir, Sesepuh Kadilangu R.H. Muhammad Cahyo Imam Santoso bersama  R. Kristiawan Saputra serta seluruh keluarga kasepuhan dan abdi dalem lainnya.

 

 

Sumber gambar: pariwisata.demakkab.go.id

 

 

Baca juga:

 

 

“Pisowanan yang dilaksanakan sebagai rangkaian Grebeg Besar Demak, merupakan salah satu rangkaian awal yang dilakukan oleh Pemkab Demak untuk menjalin silaturahim, (Kulo Nuwun) atau permisi kepada pihak Ahli waris Kasepuhan Kadilangu, karena Demak dalam waktu dekat akan memliki (gawe) atau punya kerja.”kata Eisti

 

Dirinya pun menambahkan, bahwsannya keberhasilan seluruh rangkaian Grebeg Besar Demak terikat erat akan sinergitas dan kolaborasi positif yang terjalin antara komponen Pemkab, Kasepuhan serta Warga Demak.

Hingga dirinya pun mengharapkan doa restu dari berbagai pihak untuk mendukung kelancaran serta keberhasilan Grebeg Besar Demak yang nantinya mampu memberikan kemeriahan tampilan bagi warga Demak.

 

 

“Kegiatan Pisowanan ini kiranya akan dilanjutkan dengan Pisowanan balasan yang akan dilaksanakan pada Kamis, (8/6/23).”kata R.H. Muhammad Cahyo Imam Santoso

 

Ditambahkan olehnya, sebagai wujud kepedulian akan budaya leluhur Demak. Dirinya bersama dengan Pemkab. Demak mencapai kesepemahaman dalam pengajuan pendaftaran keseluruhan rangkaian Grebeg Besar Demak ke UNESCO, sebagai warisan budaya leluhur yang diakui dunia.

 

Turut hadir, Plh Sekda, Forkompimda Demak,Ka.Kan Kemenag, Plt.Kepala Dinas Pariwisata Demak, Endah Cahya Rini, Sekretaris Dinas Pariwisata Demak, Kurnia Zauharoh, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak, Camat dan Lurah Demak.

 

 

 

Baca juga:

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp