Menjelang Perayaan Grebeg Besar Kabupaten Demak Tahun 2023, Mari Intip Persiapannya

By. Siti Rahmawati - 08 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Rangkaian Grebeg Besar diawali kirab tumpeng sembilan dari pendapa kabupaten ke serambi Masjid Agung Demak, serta ancakan di Kasepuhan Kadilangu pada 9 Dzulhijjah malam.

Hari berikutnya, pada 10 Dzulhijjah setelah Sholat Idul Adha, Bupati menyerahkan sekar setaman atau bunga rampai untuk ziarah ke makam Sunan Kalijaga di Kadilangu kepada Manggala Tamtama.

Lalu, Bupati diiringi prajurit patangpuluhan (40-an) menuju Kadilangu.

 

 

Grebeg Besar bakal berlangsung di Kabupaten Demak pada 28-29 Juni 2023.

Event nasional, Grebeg Besar Demak yang jatuh pada bulan Juni sudah semakin dekat, hal tersebut membuat seluruh tim Dinas Pariwisata Demak bersiap dalam menyongsong kegiatan tersebut.

 

Dilansir dari sumber pariwisata kabupaten Demak nampak di  lokasi, Yodha bersama beberapa tim lainnya tengah mengawasi beberapa petugas service angkutan dokar, andong dan kereta kencana yang berasal dari Godhong Purwodadi.

 

 

Sumber gambar : pariwisata.demakkab.go.id

 

 

Beberapa petugas service Godhong Table Lima Sekawan yang digandeng serta dipercaya pihak Dinas Pariwisata, dipimpin langsung oleh Muh Junaedi yang dibantu dua pegawai lainnya.

 

“Perawatan Kereta Kencana dengan menggandeng praktisi berpengalaman di bidangnya, merupakan salah satu upaya yang kami lakukan untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan seluruh rangkaian prosesi Grebeg Besar.”kata Yodha

 

Dirinya pun menambahkan, kondisi Kereta Kencana yang prima menjadi salah satu fokus penting dalam kelancaran prosesi Grebeg Besar, dikarenakan keberadaannya sebagai alat angkut transportasi utama yang membawa Bupati beserta para rombongan menuju Kadilangu dalam melaksanakan prosesi penjamasan.

 

 

Baca juga:

 

 

Dinas Pariwisata juga mulai mempersiapkan kegiatan Grebeg besar di Tahun 2023 ini. Dengan waktu yang sudah semakin dekat persiapan, komunikasi kordinasi dan konaultasi sudah dilakukan secara intens.

Dalam kegiatan nanti direncanakan akan ada empat pagung sepanjang jalan yang dilalui dalam kirab prajurit 40. Tentunya hal ini untuk memberikan hiburan kepada masyarakat sambil menunggu para prajurit yang mendampingi bupati Demak lewat.

 

 

Pegawai Dinas Pariwisata pun memastikan titik titik mana yang pas sebagai tempat panggung nanti. Tentunya yang strategis, tempatnya cukup luas dan tidak mengganggu jalannya kirab prajurit. Selain itu juga diperkirakan tempat para masyarakat Demak berkumpul atau bisa disebut kantong kantong titik kumpul keramaian.

 

 

Sumber gambar : pariwisata.demakkab.go.id

 

Dikoordinatori dan dipimpin oleh pegawai pelaksana umum dan kepegawaian Dinas Pariwisata Demak, Abdul Aziz dan Solikin, kegiatan mempoles Gamelan tabuh, pengiring rombongan prajurit 40 an juga sudah berlangsung di halaman belakang kantor Dinas Pariwisata.

 

 

 

Baca juga:

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp