6 Soto dari Berbagai Daerah di Indonesia, Apa Bedanya?

By. Dewi Savitri - 08 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Soto atau juga dikenal dengan nama sroto, sauto, atau tauto adalah makanan khas Indonesia yang berbentuk seperti sop. Soto terbuat dari kaldu daging sapi atau ayam yang dicampur dengan bahan lain seperti bihun atau soun dan sayuran. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerah masing-masing dengan komposisi yang berbeda. Hal ini yang meyebabkan adanya banyak variasi soto di Indonesia.

 

Berikut adalah beberapa varian soto di Indonesia:

 

Baca Juga: Diresmikan UNESCO, Mengenal Geopark Maros-Pangkep di Sulawesi Selatan

 

1. Soto Betawi

 

Soto Betawi berasal dari Jakarta dan menggunakan bahan dasar daging sapi. Kuah soto Betawi memiliki rasa kaya dan kental karena menggunakan santan sebagai salah satu bahan utamanya. Soto Betawi juga biasanya disajikan dengan tambahan daging sapi, jeroan sapi, kentang, tomat, emping, dan telur.

 

2. Soto Lamongan

 

Soto Lamongan berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Soto ini terkenal dengan kuah beningnya yang khas, dengan rasa gurih dan sedikit pedas. Biasanya, soto Lamongan disajikan dengan nasi putih, mie bihun atau soun, suwiran daging ayam atau sapi, suwiran telur, tauge, daun seledri, dan bawang goreng. Ciri khas dari soto Lamongan adalah adanya kremesan krupuk udang yang biasanya disajikan diatas soto.

 

3. Soto Medan

 

Soto Medan berasal dari Medan, Sumatera Utara. Soto ini memiliki kuah santan yang kental dengan tambahan daging sapi, jeroan sapi, mie bihun, kentang, dan daun bawang. Soto Medan biasanya disajikan dengan sambal terasi dan emping.

 

Baca Juga: 7 Makanan Khas Jawa Timur yang Menggugah Selera, Cobain Ya!!

 

4. Soto Banjar

 

Soto Banjar berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Soto ini menggunakan kuah bening dengan tambahan daging ayam atau daging sapi, mie bihun, tauge, dan daun seledri. Soto Banjar biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong.

 

5. Soto Padang

 

Soto Padang adalah salah satu varian soto yang berasal dari Kota Padang, Sumatra Barat. Soto Padang memiliki ciri khas kuah kuning kecoklatan yang kaya akan rempah-rempah dan santan. Berbeda dengan soto-soto lainnya yang menggunakan daging ayam atau daging sapi, Soto Padang menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Soto Padang juga dapat dinikmati dengan nasi putih atau lontong sebagai hidangan yang lezat dan mengenyangkan.

 

6. Soto Kudus

 

Soto Kudus adalah varian soto yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Soto ini terkenal dengan kuah beningnya yang menggunakan kaldu ayam yang lezat. Soto Kudus biasanya disajikan dengan nasi putih atau bihun dan memiliki cita rasa yang segar, gurih, dan sedikit pedas. Hidangan ini biasanya disajikan hangat dan sering menjadi sarapan atau makan siang yang populer di Kudus dan sekitarnya.

 

Itulah beberapa varian soto yang ada di Indosia. Masih ada beberapa varian soto dari daerah lain di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki versi soto yang unik dengan bahan-bahan dan rempah-rempah yang berbeda. Masing-masing varian soto memiliki rasa dan citarasa yang khas, menjadikan soto sebagai salah satu hidangan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

 

Baca Juga: Apa Itu Glamping? Mengenal Glamping Untuk Self-healing

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten pariwisata ataupun konten Islami lain silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp