8 Jajanan Tradisional Labuan Bajo yang Harus Kamu Coba, Cocok untuk Oleh-oleh!!

By. Dewi Savitri - 08 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Labuan Bajo adalah kota yang terletak di Pulau Flores. Labuan Bajo tidak hanya menawarkan keindahan alam dan keberagaman budaya, tetapi juga kelezatan jajanan tradisional yang khas. Ketika mengunjungi Labuan Bajo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai jajanan tradisional Labuan Bajo.

 

Baca Juga: 6 Soto dari Berbagai Daerah di Indonesia, Apa Bedanya?

 

Berikut adalah beberapa jajanan tradisional di Labuan Bajo:

 

1. Kolo

 

Kolo adalah makanan khas Labuan Bajo yang dimasak menggunakan nasi yang dimasukkan dalam bilah bambu sehingga Kolo memiliki aroma yang khas. Kolo biasanya disajikan dengan lauk.

 

2. Kompiang

 

Kompiang adalah roti khas Labuan Bajo yang berbentuk bulat atau oval. Kompiang berwarna kecoklatan dengan taburan biji wijen diatasnya. Kompiang merupakan hidangan adaptasi dari budaya Tionghoa yang disajikan untuk dimakan saat sedang minum kopi atau teh.

 

3. Rebok

 

Rebok adalah makanan yang terbuat dari parutan kelapa yang disangrai dengan tepung terigu. Makanan ini mirip dengan sagon namun tidak padat. Rebok sering dihidangkan saat ada acara adat atau penyambutan tamu.

 

4. Bepalaya

 

Baca Juga: 10 Wisata Terbaik di Bali, Dapatkan Ketenangan Tak Tertandingi

 

Bepalaya merupakan camilan khas Labuan Bajo yang menjadi sajian wajib saat minum kopi. Bepalaya terbuat dari tepung beras, gula merah, ketan, dan biji wijen. Bepalaya memiliki rasa yang unik dan cocok diminum dengan kopi atau teh hangat. Bepalaya dapat ditemukan di beberapa pasar tradisional, mini market, dan pusat oleh-oleh Labuan Bajo.

 

5. Jagung Bose

 

Jagung Bose merupakan makanan khas Labuan Bajo yang terbuat dari jagung putih yang ditumbuk kasar dan dimasak dengan kacang merah. Jagung Bose biasanya disajikan dengan kuah pekat yang terbuat dari santan. Jagung Bose juga dijadikan sebagai pengganti nasi karena rasa aslinya tawar dan sedikit gurih. Biasanya makanan ini dihidangkan bersama dengan kacang merah dan labu manis.

 

6. Moke

 

Moke merupakan minuman yan terbuat dari tanaman siwalan dan enau. Moke juga disebut dengan nama sopi atau dewe. Biasanya, Moke diminum oleh masyarakat asli sebagai simbol persaudaraan.

 

7. Kopi Manggarai

 

Kopi Manggarai terbagi menjadi dua jenis yaitu arabika dan robusta. Jenis kopi arabika yang ditanam di wilayah Manggarai memiliki aroma yang wangi dan rasa adam bernuansa lemon. Sementara itu, kopi jenis robusta memiliki rasa yang netral dengan sensasi daun mint.

 

8. Rumpu Rampe

 

Rumpu Rampe merupakan makanan khas Labuan Bajo yang terbuat dari daun papaya. Makanan ini dimasak dengan bumbu dan rempah khas Labuan Bajo. Selain daun papaya, yang unik dari makanan ini adalah bahwa makanan ini juga dimasak dicampur dengan bunga papaya.

 

Baca Juga: Aktivitas Seru di Labuan Bajo, Surga bagi Pecinta Diving & Snorkeling

 

Itu dia jajanan tradisional Labuan Bajo, jika kamu berkunjung ke Labuan Bajo jangan lupa untuk mencicipi berbagai jajanan tradisional disini. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten pariwisata ataupun konten Islami lain silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp