5 Keutamaan Membaca Surat Yusuf, Ibu Hamil Wajib Tau!!

By. Dewi Savitri - 09 Jun 2023

Bagikan:
img

 

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Surat Yusuf merupakan surat kedua belas dalam Al-Qur’an yang termasuk kedalam golongan surat Makkiyah. Surta Yusuf terdiri dari 111 Ayat sebagaimana namanya, surat ini mengandung kisah perjalanan hidup Nabi Yusuf AS.

 

Baca Juga: Keutamaan Surat Al-Kahfi, Jangan Lupa Baca Surat Ini Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

 

Seperti surat-surat lain dalam Al-Qur’an, surat Yusuf juga memiliki beberapa keutamaan yang dapat kita peroleh ketika membacanya. Berikut beberapa keutamaan surat Yusuf berdasarkan sabda Rasulullah SAW:

 

1. Memiliki Keindahan Wajah Seperti Nabi Yusuf Saat Dibangkitkan pada Hari Kebangkitan

 

Dikutip dari idntimes.com, dalam sebuah tafsir Ats-Tsaqalayn, Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata:

 

“Barangsiapa yang membaca surat Yusuf tiap-tiap hari serta tiap-tiap malam, ia dapat dibangkitkan pada hari kiamat keindahan berwajah layaknya keindahan Yusuf, tidak ditimpa azab besar pada hari kiamat, serta ia terhitung ke dalam hamba-hamba Allah yang saleh serta pilihan.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 2 : 408 )

 

Berdasarkan tafsir tersebut, jelas dikatakan oleh Rasulullah SAW bahwa umat muslim yang membaca surat Yusuf dengan rutin akan dibangkitkan dengan keindahan wajah layaknya Nabi Yusuf pada hari kiamat nanti.

 

2. Dijauhkan dari Azab Besar

 

Dalam tafsir Ats-Tsaqalayn juga dijelaskan bahwa umat muslim yang rutin membaca surat Yusuf tidak hanya mendapat wajah yang serupa dengan Nabi Yusuf saat hari kebangkitan namun juga akan dijauhkan dari azab besar dihari kiamat kelak.

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia 5 Amalan Hari Jum'at

 

3. Kemudahaan saat Sakaratul Maut

 

Dalam tafsir Majmu’ul Bayan, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

“Ajarkan surat Yusuf pada budak-budakmu, dikarenakan seorang muslim yang membaca serta mengajarkan surat Yusuf pada keluarga dan budaknya akan diberikan kemudahan ketika sakaratul maut oleh Allah SWT serta memberinya kemampuan agar sebagai muslin tidak mudah dihasut.” (Tafsir Majmu’ul Bayan)

 

4. Tidak Mudah Dihasut

 

Masih dalam Tafsir Majmu’ul Bayan, telah dijelaskan bahwa Allah akan memberi orang-orang yang membaca dan mengamalkan surat Yusuf akan diberi kemampuan untuk tidak mudah dihasut.

 

5. Dianjurkan untuk Ibu Hamil

 

Surat Yusuf dianjurkan untuk dibaca dan diamalkan oleh ibu yang sedang mengandung terutama yang menginginkan bayi laki-laki yang tampan dan sholeh seperti Nabi Yusuf AS. Membaca surat Yusuf akan menstimulasi kecerdasan bayi saat didalam kandungan. Bacalah surat Yusuf dengan rutin dan amalkan serta berdo’alah kepada Allah SWT agar bayi didalam kandungan mewarisi sifat dan perilaku sholeh Nabi Yusuf AS.

 

Baca Juga: Pembayaran Fidyah dalam Haji: Menjaga Kesucian Rukun Haji

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan surat Yusuf yang bisa diraih oleh siapa saja yang membaca dan mengamalkannya. 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp