5 Keutamaan Membaca dan Mengamalkan Surat Yasin, Sudah Dibaca Hari Ini?

By. Dewi Savitri - 09 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Surat Yasin merupakan salah satu surat dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 83 ayat. Surat ini tergolong kedalam golongan surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di Kota Makkah. Kandungan dalam surat Yasin cukup luas seperti membahas tentang pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah SWT, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada dan pendakwah.

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia 5 Amalan Hari Jum'at

 

Seperti surat-surat lain dalam Al-Qur’an, surat Yasin memiliki beberapa keutamaan, beberapa diantaranya yaitu:

 

1. Diampuni Dosa

 

Dalam hadis riwayat At-Thabrani disebutkan bahwa saat seseorang membaca surat Yasin di malam hari, maka keesokan harinya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni. Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah SWT maka diampuni dosa-dosanya.” (HR At-Thabrani dan Al-Bayhaqi)

 

2. Dimudahkan Urusannya

 

Membaca surat Yasin dipercaya dapat mempermudah berbagai masalah hidup yang kita alami. Mulai dari masalah duniawi hingga masalah yang membuat pikiran kita tidak tenang. Dikutip dari idntimes.com, dalam Sunaan Daarimi Juz 2 halaman 549 disebutkan bahwa:

 

“Barangsiapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 hal. 549)

 

3. Terhindar dari Siksa Kubur

 

Membacakan atau mengirimkan surat Yasin bagi kerabat yang sudah meninggal baik dengan berziarah maupun membacakan dari rumah dapat membantu meringankan almarhum/almarhumah dari siksa kubur. Hal ini tertuang dalam sebuah tafsir:

 

Baca Juga: Wanita Ikut Sholat Jumat, Bagaimana Hukumnya Apakah Boleh?

 

“Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat Yasin, maka pada hari itu, Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikan kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373)

 

4. Dianggap Mati Syahid

 

Bagi seseorang yang membaca dan mengamalkan surat Yasin secara rutin, maka Allah akan menjauhkannya dari malapetaka, melindunginya dari berbagai bencana, penyakit dan bahaya. Selain itu, orang yang membaca dan mengamalkan surat Yasin setiap hari akan dipermudah ajalnya dan meninggal dalam keadaan syahid. Dalam sebuah hadis riwayat At-Thabrani dijelaskan bahwa:

 

“Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka tanpa terduga, dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR. At-thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

 

5. Dimudahkan Sakaratul Mautnya

 

Selain dapat menolong dari ancaman siksa kubur, membaca surat Yasin juga dipercaya dapat membantu untuk dimudahkan saat sakaratul maut. Hal ini dijelaskan dalam tafsir Al-Qur’an Al-Azhim yaitu:

 

“Membaca surat Yasin di sisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh.” (Tafsir alqur’an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi )

 

Surat Yasin juga biasanya dibacakan disamping seseorang yang sedang sakit atau sedang dalam masa sakaratul maut. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan sakaratul maut seseorang yang sedang mengalami kesulitan atau memohon kesembuhan dari Allah SWT untuk kerabat yang sedang dalam masa kesulitan (sakit).

 

Baca Juga: Allah Kabulkan Keinginginanmu!! Mengenal Sholat Hajat, Niat dan Tata Caranya

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan membaca surat Yasin, semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp