5 Makanan Khas Ambon, Nikmati Cita Rasa Kaya Rempah yang Menggugah Selera

By. Dewi Savitri - 12 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ambon adalah Ibu Kota Maluku, yang memiliki berbagai makanan tradisional dengan cita rasa yang khas. Kebanyakan kuliner di Ambon berbahan dasar sagu yang merupakan sumber daya khas dari daerah ini. selain itu, Ambon juga terkenal dengan rempah-rempah yang berlimpah. Terbukti dari kombinasi bumbu yang digunakan pada setiap resep makanan yang dihidangkan di Ambon.

 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Wisata di Manado yang Wajib Kamu Kunjungi

 

Berikut adalah beberapa makana khas Ambon yang wajib kamu coba:

 

1. Papeda

 

Papeda dikenal sebagai makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari sagu. Terbuat dari sagu yang diberi sedikit garam dan merica, papeda memiliki tekstur yang kenyal dan lembut dengan rasa yang gurih. Papeda biasanya dimakan bersama dengan kuah kuning dan beberapa lauk seperti ikan tongkol atau ikan tuna. Papeda dimakan menggunakan sebuah alat yang berbentuk seperti sumpit namun lebih besar dan lebih panjang.

 

2. Nasi Kelapa

 

Nasi Kelapa adalah hidangan khas Ambon yang menggabungkan nasi dengan santan kelapa dan rempah-rempah. Nikmati cita rasa unik yang dihasilkan oleh perpaduan kelapa parut dan rempah khas Maluku. Sajikan dengan lauk-pauk seperti ikan bakar, ayam goreng, atau daging rendang untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

 

3. Ikan Kuah Pala

 

Ikan Kuah Pala merupakan olahan lauk yang cukup sering disajikan sebagai lauk sehari-hari. Hidangan ini terbuat dari ikan dengan kuah asam yang ditambahkan rempah pala dan cabai. Ikan kuah pala disajikan dengan berbagai lauk lain seperti sayur papaya, ikan bakar, dan sambal colo-colo ataupun sambal bekasang.

 

Baca Juga: 4 Destinasi Wisata Likupang Surga Tersembunyi Sulawesi Utara, Destinasi Super Prioritas Indonesia

 

4. Sambal Colo-colo

 

Sambal Colo-colo merupakan sambal yang terbuat dari bawang merah, cabai rawit, tomat, dan jeruk nipis yang kemudian diiris tipis-tipis dan diaduk didalam satu wadah yang diberi kecap manis. Sambal Colo-colo biasanya dipadukan dengan ikan asar dan kamu juga bisa menambahkan daun seledri agar rasanya semakin kuat dan sedap.

 

5. Kopi Sibu-sibu

 

Kopi Sibu-sibu adalah kopi jahe atau rarobang. Kopi Sibu-sibu adalah kopi khas Ambon yang biasanya dinikmati bersama dengan ketan yang disiram parutan kelapa dan gula aren yang biasa disebut pulut siram, koyabu, embal kacang, dan getuk.

 

Baca Juga: 5 Tempat Glamping Terbaik di Jawa Barat, Nikmati Kenyamanan Menginap Disini

 

Itulah beberapa makanan khas Ambon yang wajib kamu coba jika kamu berkunjung kesana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam menemukan hidangan khas dari Ambon.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp