Allah akan Tambah Nikmatmu!! Ini Dia 4 Janji Allah dalam Al-Qur'an

By. Dewi Savitri - 13 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Didalam Al-Qur’an tidak hanya berisi pedoman hidup namun juga janji Allah SWT kepada hamba-Nya. Balasan Allah SWT untuk segala perbuatan manusia semasa hidupnya benar adanya dan sesuatu yang harus kita yakini kebenaraannya. Maka dari itu, kita hendaknya menghabiskan masa hidup kita untuk selalu berbuat baik dijalan Allah SWT.

 

Baca Juga: Cut Off Dilarang dalam Islam? Hati-hati Memutus Silaturahmi

 

Berikut adalah 4 janji Allah SWT di dalam Al-Qur’an:

 

1. Barang Siapa yang Rajin Bersyukur, Allah akan Menambahkan Nikmatnya

 

Allah berjanji didalam Al-Qur’an akan menambahkan nikmat-Nya kepada siapa saja hambanya yang rajin bersyukur atas nikmat yang telah Dia berikan. Segala hal di dunia ini sejatinya hanyalah titipan dan tidak ada yang kekal.

 

Banyak nikmat Allah SWT yang seringkali tidak terlihat dimata manusia. Nikmat yang Allah beri bukan hanya terbatas pada nimat duniawi dan materi saja, lebih luas daripada itu seperti kesehatan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan dan dapat bergerak dengan merdeka juga merupakan nikmat dari Allah SWT.

 

Kelak, saat hari akhir tiba semuanya akan binasa. Maka dari itu, sebelum tibal ajalnya kita sebagai seorang muslim hendaknya selalu memperbanyak syukur dan mengingat Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam QS. Ibrahim Ayat 7

 

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

 

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7)

 

2. Allah akan Mengingat Hamba-Nya yang Mengingat-Nya

 

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita selalu mengingat Allah kapanpun dan dimanapun. Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah Ayat 152:

 

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ ..

 

Artinya: “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152)

 

3. Barangsiapa Memperbanyak Istighfar Maka akan Diampuni Dosanya

 

Baca Juga: Terjadi Gerhana? Mengenal Sholat Gerhana dalam Islam

 

Manusia adalah makhluk yang tidak luput dari kesalahan dan berbagai dosa. Kita harus faham dan senantiasa mengingat Allah SWT dan beristighfar memohon ampunan-Nya. Allah SWT tidak akan menghukum mereka yang memohon ampun kepada Allah. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Anfal Ayat 33:

 

وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَاَنْتَ فِيْهِمْۚ وَمَا كَانَ اللّٰهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ

 

Artinya: “Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan.”

 

4. Barangsiapa Berdo’a Kepada Allah, Maka akan Dikabulkan

 

Berdo’a merupakan kekuatan manusia dalam memohon sesuatu kepada Sang Pencipta. Mulai dari memohon diberikan rezeki, hingga diberi kesembuhan dari rasa sakit dapat kita utarakan lewat do’a kepada Allah SWT. Tidak ada satupun kekuatan yang mampu melebihi kekuatan do’a.

 

Allah memang tidak langsung mengabulkan do’a yang diminta hamba-Nya pada saat itu juga. Namun Allah memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya. Do’a yang kita minta bisa jadi bukan yang terbaik untuk kita. Jika seperti itu, Allah akan menggantikan dengan yang jauh lebih baik untuk hamba-Nya.

 

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Mu’min Ayat 60:

 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ

 

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

 

Meskipun demikian, berdo’a tanpa usaha adalah sia-saia. Berd’oa harus diiringi dengan usaha dan kerja keras dari kita sebagai manusia. Allah akan membantu setiap usaha kita dan menjawab serta mengabulkan do’a kita pada waktunya.

 

Baca Juga: Boleh Menyembelih Kurban di Malam Hari? Jangan Disalah-salahkan!!!

 

Firman-firman Allah SWT di dalam kitab suci Al-Qur’an sudah jelas dan tidak diragukan lagi kebenarannya. Termasuk juga janji Allah kepada umat-Nya. Itulah 4 janji Allah SWT didalam Al-Qur’an, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batemuri semua!! 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp