Delapan Anggota Badan yang Berhubungan dengan Karomah Allah SWT

By. Siti Rahmawati - 14 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Karomah adalah keajaiban atau keistimewaan yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya yang saleh. Biasanya, karomah dimiliki para kekasih Allah seperti nabi dan rasul hingga para wali.

 

Secara bahasa, karomah berasal dari salah satu Asmaul Husna, yaitu Al Karim, yang artinya Yang Maha Mulia. Secara Istilah, karomah adalah suatu hal atau kejadian luar biasa di luar nalar dan kemampuan manusia awam.

 

 

Sumber gambar : freepik.com

 

Karomah terbagi menjadi dua macam, yaitu karomah hisiyyah dan karomah ma’nawiyyah.

 

Baca juga:

 

1. Karomah Hisiyyah

 

Karomah hisiyyah adalah karomah yang dapat disaksikan oleh orang-orang awam. Contohnya, mengetahui isi hati seseorang dan memberitahukan sesuatu yang sudah terjadi atau akan terjadi.

Selain itu, kemampuan berjalan di atas air, memperpendek jarak perjalanan, menghilang dari pandangan mata, dan dikabulkannya doa dalam waktu dekat juga termasuk contoh karomah Hisiyyah

Biasanya, jenis karomah ini muncul dari anggota tubuh seseorang yang meliputi mata, telinga, lisan, tangan, perut, alat kelamin, kaki, dan hati.

 

2. Karomah Ma’nawiyah

 

Karomah ma’nawiyah adalah karomah yang tidak dimengerti oleh orang-orang awam. Namun, karomah ini hanya dipahami dan dirasakan oleh orang-orang alim saja.

 

 

Karomah bisa terjadi pada berbagai aspek kehidupan seseorang, termasuk dalam hal hubungan dengan anggota tubuh. Melansir dari laduni.id Syaikh Muhyiddin Ibnul Arabi menerangkan bahwa  karomah merupakan hasil dari ketaatan 8 anggota tubuh kepada Allah SWT yang sudah ditetapkan yaitu mata, telinga, lisan, tangan, perut, alat kelamin, kaki, dan hati.

 

 

Adapun keterangan dari kedelapan anggota tubuh tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Mata

Jika mata dipergunakan untuk taat kepada Allah kepada Allah SWT serta menjauhkan pandangan dari hal-hal yang dilarang maka ia akan dikaruniai oleh Allah SWT dapat melihat seorang yang akan berkunjung atau datang walaupun dari jarak yang masih jauh, ada juga yang diberikan oleh Allah SWT dapat menyingkap tabir (hijab) atau dinding tebal sehingga melihat Ka’bah ketika shalat.

 

Ada riwayat-riwayat dalam tradisi Islam yang mengisahkan tentang karomah yang terkait dengan mata. Misalnya, beberapa orang saleh dikatakan memiliki kemampuan melihat hal-hal yang tidak terlihat oleh orang lain, memiliki penglihatan yang tajam, atau bahkan dapat melihat kejadian-kejadian masa depan.

 

2. Telinga

Telinga juga dapat berhubungan dengan karomah. Beberapa orang saleh dikatakan memiliki kemampuan mendengar suara-suara atau wahyu dari Allah yang tidak dapat didengar oleh orang lain. Mereka juga dikatakan memiliki pemahaman yang lebih dalam terhadap pesan-pesan spiritual.

 

3. Tangan

Karomah juga dapat terkait dengan tangan. Ada cerita-cerita dalam sejarah Islam yang mengisahkan orang-orang saleh yang memiliki kekuatan atau kemampuan luar biasa dalam melakukan tindakan-tindakan khusus dengan tangan mereka. Misalnya, mereka mampu menyembuhkan orang sakit dengan sentuhan atau melakukan tindakan-tindakan yang menakjubkan secara fisik.

 

4. Lidah

 Karomah lidah terkait dengan kemampuan seseorang untuk berbicara dengan kebenaran dan kebijaksanaan yang luar biasa. Beberapa orang saleh dikatakan memiliki kemampuan untuk berbicara dengan bahasa yang dipahami oleh semua orang, meskipun mereka menggunakan bahasa yang asing atau tidak dikenal.

 

Penting untuk diingat bahwa karomah adalah anugerah khusus dari Allah kepada hamba-Nya yang terpilih. Karomah bukanlah sesuatu yang bisa dicapai atau diperoleh melalui usaha atau upaya manusia. Karomah adalah tanda keistimewaan dan kemurahan hati Allah, yang diberikan kepada hamba-Nya sebagai bentuk penghargaan atas kesalehan dan ketakwaannya.

 

Baca juga:

 

5.    Perut

 

Apabila manusia mampu menjaga perutnya untuk selalu taat kepada Allah SWT, niscaya perutnya akan terjaga dari makanan-makanan yang syubhat dan haram, seperti halnya yang dialami oleh seorang wali Allah SWT yaitu Al-Harits Al-Muhasibi setiap kali apabila di dihidangkan makanan yang syubhat ataupun haram Allah SWT kasih tanda kepada dirinya yaitu tangannya selalu berkeringat dan terasa dingin.

 

 

6. Alat Kelamin

 

Di antara keramat yang Allah SWT berikan kepada orang yang menjaga Alat Kelaminnya untuk taat kepada Allah SWT dengan menjauhi apa yang dilarangnya adalah dapat menghidupkan orang yang mati, menyembuhkan orang yang sakit, buta, tuli, lepra dan banyak sekali penyakit yang dapat disembuhkan, seperti halnya yang pernah di alami oleh Siti Maryam bunda Isa a.s yang selalu menjaga kesucian dan kehormatannya sehingga Allah SWT memberikan kemuliaan kepada beliau.

 

7.   Kaki

 

Bagi orang yang kakinya taat berjalan di jalan Allah SWT maka Allah SWT akan berikan keramat seperti halnya mampu berjalan di atas air, di udara, berjalan dengan sangat cepat sehingga mampu mengelilingi bumi dalam waktu singkat atau yang lebih terkenal dengan ilmu melipat bumi, keramat jenis ini banyak sekali dialami oleh para wali-wali Allah SWT dan tercatat sebagai hikayat-hikayat yang banyak diceritakan dalam kitab-kitab para Salafunash Shalihin.

 

8. Hati

 

Semua karamah yang ada pada anggota tubuh berawal dan bersumber dari hati, karena hati memiliki peranan penting dalam menggerakkan anggota tubuh, dan mustahil seseorang mendapatkan keramat dari semua anggota tubuh apabila dia tidak menyucikan hatinya terlebih dahulu.

 

 

Baca juga:

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp