Tahan Emosi!! Ini Dia 5 Tips Mengendalikan Amarah dalam Islam

By. Dewi Savitri - 14 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Dalam ajaran Islam, mengendalikan amarah dianggap sebagai tanda kedewasaan dan kekuatan pribadi. Amarah yang tidak terkendali dapat merusak hubungan, menyebabkan tindakan yang merugikan, dan berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Oleh karena itu, Islam menekankan pentingnya mengatasi amarah dengan cara yang terpuji.

 

Baca Juga: Hati-hati!! Ini Dia 9 Penyakit Hati yang Harus Dihindari

 

Berikut adalah beberapa tips yang diajarkan oleh Islam untuk mengendalikan amarah menurut Islam:

 

1. Membaca Do’a

 

Langkah pertama menahan nafsu amarah adalah dengan membaca do’a untuk meredamkan amarah. Nabi Muhammad SAW mengajarjkan umatya untuk dapat menahan amarah dengan berdo’a.

 

2. Beristighfar

 

Memperbanyak istighfar dapat menjadi salah satu cara menahan nafsu amarah yang dapat diterapkan. Beristighfar dapat menenangkan hati dan pikiran.

 

3. Menjaga Lisan

 

Saat merasa emosi dan marah sebaiknya kita tetap berusaha menjaga lisan atau menahan diri untuk tetap diam agar tidak memperpanjang masalah. Menjaga liisan saat dalam kondisi marah memang sulit namun, berusahalah agar perkataanmu saat masih dalam amarah tidak menyakiti orang lain.

 

Baca Juga: Benarkah Lempar Jumrah Melempari Setan? Ini Dia Sejarah Lempar Jumrah yang Harus Kamu Tau!!!

 

4. Berwudhu

 

Saat merasa marah, berwudhulah. Berwudhu dapat mengurangi api amarah karena salah satu fungsi dari air adalah untuk mematikan api, termasuk api setan yang berkobar dalam hati yang terwujud dalam rasa marah.

 

5. Mengubah Posisi

 

Tips terakhir mengatasi amarah adalah dengan mengubah posisi kita menjadi lebih rendah. Misalnya, saat seseorang marah pada saat sedang berdiri maka duduklah. Jika seseorang merasa marah saat sedang dalam posisi duduk maka berbaringlah. Perubahan posisi ini disampaikan dalam sebuah hadits dari Abu Dzar RA, bahwa Rasulullah SAW telah memberi nasihat yang artinya:

 

“Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. karena dengan duduk marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, maka hendanya dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

 

Orang kuat dalam Islam adalah orang yang dapat mengendalikan hawa nafsu dalam dirinya termasuk nafsu amarah. Kita harus senantiasa mengingat Allah SWT yang selalu mengawasi kita. Setiap manusia sudah dibekali berbagai macam emosi untuk dapat merasakan sesuatu, seperti sedih, bahagia dan bahkan marah. Namun kita harus dapat mengendalikan berbagai macam emosi tersebut agar kita tidak larut didalamnya.

 

Baca Juga: Jadilah Anak Berbakti!! Ini Dia 7 Adab Kepada Orang Tua yang Harus Kamu Tau

 

Sekian pembahasan mengenai tips mengendalikan amarah menurut Islam, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat yang membaca!!

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp