4 Persiapan Jamaah Haji Lansia Agar Ibadah Tetap Bugar

By. Dewi Savitri - 14 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ibadah haji merupakan ibadah yang rutin dilakukan setiap tahunnya oleh seluruh umat muslim di dunia. Berkumpulnya jamaah haji dari seluruh dunia pada satu tempat di waktu yang sama memberikan kecemasan sendiri bagi seseorang terlebih lagi bagi jamaah haji lansia atau lanjut usia. Jamaah haji Indonesia yang berusia diatas 65 tahun di tahun 2023 ini mencapai 65.000 orang. Lonjakan ini disebabkan karena pada musim sebelumnya pemerintah Arab Saudi membatasi calon jamaah haji akibat adanya pandemic Covid-19.

 

Baca Juga: Jadilah Anak Berbakti!! Ini Dia 7 Adab Kepada Orang Tua yang Harus Kamu Tau

 

Jamaah haji lansia yang menunaikan ibadah haji mendapat tekanan yang lebih besar karena para lansia cenderung bergantung pada keluarga mereka di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, jamaah haji lansia yang sehat memerlukan adanya persiapan diri untuk menunaikan serangkaian kegiatan ibadah haji.

 

Salah satu persiapan yang dilakukan jamaah lansia adalah menyiapkan bekal kesehatan agar menjadi lebih sehat, mandiri, aktif, produktif dan dapat melaksanakan ibadah haji tanpa terkendala suatu apapun.

 

Berikut adalah 4 hal yang harus dilakukan oleh jamaah haji lansia agar tetap sehat dan bugar selama menunaikan ibadah haji di tanah suci:

 

1. Olahraga Rutin

 

Membiasakan diri untuk melakukan aktivitas fisik atau berolahraga ringan selama 30 menit setiap hari. Calon jamaah juga bisa melakukan senam lansia secara rutin. Ibadah haji adalah ibadah fisik yang memerlukan kekuatan fisik bagi jamaah yang menjalankan. Maka dari itu, penting bagi jamaah haji untuk berlatih dan berolahraga agar saat menjalankan ibadah haji jamaah sudah siap secara fisik.

 

2. Konsumsi Sayur dan Buah

 

Baca Juga: Tahallul Tsani dalam Haji dan Hal-hal yang Diperbolehkan

 

Makanlah makanan yang sehat dan kaya akan kalsium, sayur dan buah setiap hari untuk memberikan lebih banyak energi kepada jamaah.

 

3. Periksa Kesehatan Rutin

 

Memeriksa kesehatan secara rutin di pos pelayanan terpadu (posyandu) lansia atau pos pembinaan terpadu (posbindu) dan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) jika memiliki keluhan kesehatan.

 

4. Kembangkan Hobi

 

Mengembangkan hobi atau kegemaran yang sesuai dengan kemampuan calon jamaah dan terus melakukan kegiatan yang mengasah otak untuk latihan agar jamaah terbiasa ketika berada di tanah suci. Setelah berlatih kekuatan fisik akan jauh lebih prima dan perjalanan ibadah haji akan berjalan dengan optimal. Selain itu, dengan melakukan Latihan-latihan tersebut, kondisi jamaah akan lebih terjaga.

 

Baca Juga: Mengenal Sholat Istikharah, Mencari Jawaban Dua Pilihan

 

Itulah 4 persiapan yang harus dilakukan jamaah haji lansia agar tetap bugar selama beribadah di tanah suci. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp