Kamu Harus Tau!! Ini Dia 5 Tips Cegah Dehidrasi bagi Jamaah Haji,

By. Dewi Savitri - 14 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuirtour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ibadah haji adalah ibadah yang wajib untuk dilaksanakan oleh umat muslim yang sudah mampu. Melaksanakan ibadah haji memerlukan persiapan jasmani dan rohani yang harus dijaga selama beribadah. Salah satu persiapan jasmani yang dapat dilakukan jamaah adalah dengan menjaga tubuh kita agar terus terhidrasi.

 

Baca Juga: Gunakan Kursi Roda dan Skuter untuk Thawaf dan Sa'i, Berapa Tarifnya?

 

Cuaca di Arab Saudi sangat berbeda dengan di Indonesia. Apabila saat ini cuaca di Indonesia terasa panas, maka di Arab Saudi cuaca panas akan semakin panas melebihi di Tanah Air. Oleh karena itu, para jamaah hendaknya tetap menjaga tubuh agar tidak sampai dehidrasi.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik:

 

1. Sediakan Botol Minum

 

Sebanyak 60% kandungan tubuh kita adalah air, maka penting untuk mengonsumsi air sebanyak 3-4 liter setiap hari. Selalu membawa botol air minum dapat membantu jamaah apabila membutuhkan air minum dalam posisi yang jauh dari persediaan air saat melakukan kegiatan ibadah disana. Kamu juga dapat memanfaatkan air zam-zam yang tersedia di Masjidil Haram untuk kamu bawa sebagai bekal apabila berpindah tempat.

 

2. Konsumsi Glukosa dengan Cukup

 

Bawalah beberapa paket glukosa bersamamu untuk berjaga-jaga apabila kamu membutuhkan dorongan ekstra hidrasi agar kamu selalu terhidrasi. Saat kamu merasa pusing dan dehidrasi air saja biasanya tidak dapat membantumu. Maka, gunakanlah glukosa yang dapat membantumu dalam memberikan dorongan energi ekstra saat kamu membutuhkannya.

 

3. Perbanyak Buah dan Sayuran

 

Kebutuhan air pada tubuh tidak hanya berasal dari air putih saja, namun juga dari makanan yang dikonsumsi. Sekitar 20% air dapat diperoleh dari makanan, khususnya buah dan sayuran. Pastikan kamu menjaga pola makan dan memperbanyak serat serta memakan makanan yang dapat membantu menghidrasi tubuhmu.

 

4. Olahraga Rutin

 

Olahraga rutin dan gaya hidup sehat dapat menambah daya tahan tubuh dan imun kamu. Maka penting untuk mempersiapkan kondisi jasmani terlebih dahulu saat akan menjalankan ibadah haji dan umrah.

 

5. Hindari Kafein

 

Jika kamu terbiasa meminum secangkir teh atau kopi mungkin kamu dapat mengurangi atau menghindari kebiasaan ini sesegera mungkin. Sebagai gantinya, kamu dapat mengganti minuman ini dengan jus atau air putih saja agar lebih sehat. Meminum kafein dapat menyebabkan pengosongan kandung kemih lebih sering sehingga akan membuat kamu dehidrasi.

 

Itulah beberapa tips menjaga tubuh agar tetap terhidrasi saat menjalankan ibadah haji. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat yang membaca!!

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp