5 Destinasi Wisata di Natuna, Primadona Utara Indonesia

By. Dewi Savitri - 15 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Natuna adalah sebuah kepulauan yang terletak di bagian Utara Indonesia. Natuna merupakan salah satu kabupeten di Provinsi Kepulauan Riau. Natuna sering dianggap sebagai wilayah yang tidak aman karena maraknya kasus penangkapan ikan ilegal dan penyelundupan yang banyak ditemukan di daerah ini. Natuna yang berada di Zona Ekonimi Ekslusif (ZEE) menjadi wilayah yang rawan konflik karena kerap menjadi ajang kontestasi kekuatan militer. Hal ini yang kemudian membuat Natuna tidak dilirik oleh para wisatawan untuk berwisata.

 

Baca Juga: 10 Tips Liburan Hemat, Jangan Lupa Ajak Sahabat

 

Padahal, disamping itu, Kepulauan Natuna memiliki keindahan perairan yang luar biasa indah dengan kekayaan laut yang sangat melimpah. Hal ini juga yang kemudian menarik perhatian banyak negara untuk mengklaim Natuna sebagai wilayah miliknya.

 

Natuna memiliki keindahan yang sangat memukau denga sumber daya yang melimpah serta kehangatan para penduduk setempat yang sangat cocok jika dikunjungi wisatawan. Berikut adalah beberapa keindahan Natuna, kepulauan yang banyak menjadi rebutan:

 

1. Pantai Teluk Selahang

 

Pantai Teluk Selahang merupakan destinasi utama wisata di Natuna. Pantai Teluk Selahang dulu dikenal dengan nama Pantai Tanjung. Disebut demikian karena pantai ini terletak di Desa Tanjung yang Pantai ini memiliki pasir putih yang terhampar indah dengan dihiasi pepohonan kelapa. Dari Pantai Teluh Selahang para pengunjung dapat melihat Pulau Senoa.

 

2. Pulau Bunguran

 

Pulau Bunguran memiliki pantai indah dengan hamparan pasir putih dan pemandangan air laut yang berwarna biru kehijauan. Selain bersantai dan menikmati pemandangan indah lautan dari tepi pantai, para pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain seperti berenang, snorkeling dan menyelami indahnya kehidupan bawah laut Natuna yang sangat kaya.

 

3. Pulau Serasan

 

Pulau Serasan memiliki pantai-pantai yang eksotis dengan hamparan pasir putih dan lautan dengan ombak yang tenang. Pengunjung dapat menikmati Pantai Serasan dengan berjalan-jalan disepanjang pantai, berjemur, berenang, dan menunggu matahari terbenam.

 

Baca Juga: 5 Tempat Glamping Terbaik di Jawa Barat, Nikmati Kenyamanan Menginap Disini

 

4. Pulau Senua

 

Pulau Senua terkenal dengan keindahan bawah laut yang menawan. Pengunjung dapat menikmatinya dengan melakukan aktivitas snorkeling dan menyelam untuk mengeksplor lebih banyak keindahan bawah laut di pulau ini. Selain itu, keindahan ikan yang berwarna-warni semakin menambah keindahan di pulau ini.

 

Di balik keindahan Pulau Senua ada sebuah legenda yang menarik tentang asal usul pulau ini. Konon, Pulau Senua merupakan jelmaan seorang perempuan kaya raya yang pelit yang kemudian berubah menjadi batu saat sedang mengandung. Dari cerita itu nama pulau ini diambil. Senua berarti berbadan dua atau hamil. Jika dilihat secara keseluruhan, bentuk pulau ini memang terlihat seperti perempuan hamil yang sedang berbaring.

 

Salah satu tempat menarik dari pulau ini adalah sebuah bukit goa sarang walet putih yang ada disana. Goa ini terletak dipuncak bukit. Selain melihat goa yang dijadikan sarang burung laying-layang putih atau walet putih, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah Gunung Ranai dan pulau-pulau kecil disekitarnya.

 

5. Alif Stone Park

 

Alif Stone Park merupakan sebuah pantai yang unik. Jika pantai-pantai lain memiki hamparan pasir putih yang menjadi daya tarik utama, maka daya tarik utama pantai ini adalah pantai dengan batu-patu granit besar yang terhampar di sepanjang pesisir pantai. Alif Stone Park berada tidak jaug dari Pulau Senua, dan terletak di desa yang sama dengan Pulau Senua yaitu Desa Serampang.

 

Nama Alif Stone Park diambil dari sebuah batu disana yang paling berbeda dengan batu-batu lainnya. Batu ini berdiri tegak seperti hufur hijaiyah Alif. Pengunjung dapat mampir mengunjungi Alif Stone Park sebelum menuju Pulau Senua, atau pengunjung dapat mengunjungi Alif Stone Park disore hari setalah mengunjungi Pulau Senua karena pemandangan matahari terbenam di pantai ini sangat indah dan menawan.

 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Wisata di Manado yang Wajib Kamu Kunjungi

 

Itulah beberapa keindahan Pulau Natuna yang tidak dapat dituangkan semua kedalam tulisan ini karena keindahan yang luar biasa melimpah disana. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Sobat semua yang sedang merencanakan perjalanan kesana.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp