Tempat Terbitnya Cahaya Allah SWT

By. Siti Rahmawati - 07 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Apa kita mengetahui di mana tempat cahaya Ilahi berada?! Yah, cahaya Ilahi berada di dalam hati dan relungrelung jiwa, yang merupakan tempat mengenal Allah Swt mengetahui rahasia-rahasia-Nya, dan gudang segala kelebihan yang diberikan oleh Allah Swt kepada para hamba-Nya.

 

Syeikh Ibnu 'Athaillah As-sakandary dalam kita Al-Hikam menjelaskan,
 

"Tempat terbitnya cahaya adalah hati dan relung-relung jiwa."

 

 

Sumber gambar : freepik.com

 

Cahaya itu memang bersarang di dalam hati. Namun, perlu kita ingat bahwa semua itu tidak akan muncul ke permukaan, kecuali dengan bantuan-Nya. Jikalau kita tidak hati-hati dan selalu larut dalam perbuatan maksiat, maka cahaya tersebut akan redup, bahkan tertutupi.

 

Berusahalah untuk senantiasa menjaga cahaya itu dengan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan- Nya. Jikalau Allah Swt. telah mengangkat hijab yang ada di dalam hati kita, maka cahaya-Nya akan terlihat jelas di wajah kita. Bahkan, kita akan mampu melihat sesuatu yang tidak mungkin dilihat dengan mata biasa, dan mengetahui rahasia yang tidak diketahui orang lain. Saat itu, kita akan mencapai makrifat-Nya, yaitu tingkatan yang dirindukan setiap salik.

 

Baca juga :

 

Lalu dari mana sumber cahaya hati itu berasal?

 

"Cahaya yang tersimpan di dalam hati bersumber dari cahaya yang datang dari gudang kegaiban. "

 

Yah, cahaya itu berasal dari Allah Swt. Cahaya itu tersimpan dalam perbendaharaan gaib. Allah Swt yang memberikan cahaya tersebut kepada hati-hati yang suci dan jauh dari maksiat. Semakin banyak ketaatan yang kita lakukan, maka hati kita akan semakin suci, dan cahaya Ilahi akan semakin mudah menghampirinya. 

 

 

Sebaliknya, semakin banyak maksiat yang kita lakukan, maka hati kita akan semakin gelap dan hitam, sehingga cahaya itu terhalangi dari hati kita.

Cobalah Kita perhatikan kertas putih yang bersih, bagaimana keadaannya jikalau diberikan cahaya? Bukanlah ia akan memantulkannya?! Kemudian, perhatikan pula bagaimana kalau kertas itu dipantulkan cahaya dalam keadaan kotor dan hitam. Apakah akan mampu memantulkan cahaya?!

 

Pertanyaan itu tidak perlu dijawab, sebab kita sendiri sudah mengetahui jawaban yang sebenarnya. ltulah hati kita, yang harus Anda jaga dengan sebaik-baiknya.

 

 

Baca juga : 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp