Perempuan di Dunia Bisa Jadi Bidadari Surga, Berikut Hadits Rasulullah SAW

By. Siti Rahmawati - 08 Aug 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Diantara bentuk kenikmatan penghuni surga kelak adalah mendapatkan bidadari surga. Bidadari surga selalu digambarkan dengan memiliki mata indah dan lebar serta bercelak hitam, cantik rupawan, indah, dan sangat menawan. 

 

Meskipun begitu kita tidak boleh membayangkan bagaimana rasanya bersama mereka. Karena mereka tidak bisa dibayangkan. Sebagaimana telah Allah tegaskan dalam al-Quran,

 

فَلاَ تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِىَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

 

“Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” 

(QS. As-Sajdah: 17)

 

Baca juga : 

 

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Ar-Rahman ayat 70 tentang keberadaan bidadari di surga. Ini adalah sebuah balasan bagi orang-orang yang bertakwa.

 

فِيهِنَّ خَيْرَٰتٌ حِسَانٌ

 

Artinya: Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.

 

Menurut Tafsir Min Fathil Qadir, Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah, menjelaskan ayat ini memiliki makna bahwa bidadari surga diciptakan secara langsung tanpa proses kelahiran. Pendapat lain mengatakan yang dimaksud adalah wanita-wanita keturunan Adam, yakni Allah mengembalikan mereka dari keadaan tua dan mati ke masa muda mereka.

 

Lantas apakah perempuan di dunia bisa menjadi salah satu bidadari surga?

Dari riwayat Ummu Salamah dalam hadits yang cukup panjang, ia berkata, aku pernah bertanya,

 

"Wahai Rasulullah, beritakan kepadaku tentang firman Allah yang berbunyi, 'uruban atraabaa' (surat al-Waqiah: 37)."

 

Rasulullah SAW kemudian menjawab, "Mereka adalah para perempuan dunia yang meninggalnya pada umur tua renta, lalu di akhirat Allah akan menciptakan mereka kembali sebagai perawan. Maka, kata uruban adalah perempuan-perempuan perawan yang menarik, sedangkan makna kata atraban, adalah perempuan-perempuan yang berumur sama."

 

Baca juga :

 

Kemudian aku bertanya lagi, "Wahai Rasulullah, apakah perempuan dunia lebih baik daripada bidadari surga?"

 

"Wanita dunia lebih baik daripada bidadari, seperti perbedaan antara baju bagian luar dengan baju bagian dalam," jawab Rasulullah.

 

"Wahai Rasulullah, mengapa bisa begitu?" tanya Ummu Salamah penasaran.

 

Lalu Rasulullah menjawab, "Karena shalat, puasa, dan ibadah mereka kepada Allah. Kemudian, Allah akan menjadikan kecantikan wajah mereka seperti sinar cahaya, kehalusan tubuh mereka seperti sutra, kulit mereka berwarna putih, pakaian mereka berwarna hijau, perhiasan mereka berwarna kuning keemasan, ikat rambut mereka dari mutiara, dan sisir kepala mereka dari emas."

 

Lalu perempuan-perempuan yang hadir kala itu bertanya, "Apakah kami akan abadi dan tidak akan mati?" "Apakah kami akan selalu cantik jelita dan tidak pernah tua?" "Apakah kami akan hidup rukun damai dan tidak akan pernah dicerai selama-lamanya?" "Apakah kami akan senantiasa sejahtera dan tidak akan pernah sengsara selamanya?"

 

"Beruntunglah bagi laki-laki yang di dunia kami menjadi istrinya dan dia menjadi suami kami."

 

Kemudian, aku bertanya lagi kepada Rasulullah SAW

 

"Wahai Rasulullah, seorang perempuan di dunia bisa saja pernah menikah dua kali, tiga kali, atau empat kali dengan laki-laki yang berbeda, kemudian ketika si perempuan itu meninggal, ia masuk surga dan begitu juga dengan empat orang suaminya maka siapa yang akan menjadi suaminya di surga nanti?"

 

Lalu Rasulullah SAW menjawab, "Wahai Ummu Salamah, akhlak yang baik itu akan disertai kebaikan ganda, dunia, dan akhirat." (HR ath-Thabrani).

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp