Populer di Mesir, Berikut Segudang Manfaat Gargir yang Jarang Diketahui

By. Siti Rahmawati - 23 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com - Pernah dengar sayur bernama gargir atau arugula? Sayuran berwarna hijau ini memang belum banyak dikenal, padahal kandungan gizinya hampir sama seperti brokoli, kembang kol, dan kubis. Oleh karena kaya akan kandungan gizi, arugula disebut-sebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

 

Gargir atau Arugula adalah sayuran yang memiliki nama tanaman ilmiah Eruca sativa mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, manfaat arugula bagi kesehatan tidaklah sedikit. Sayuran ini mengandung beragam nutrisi yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

 

 

Meski belum terlalu populer, daun arugula sudah lama dikenal oleh para penggemar salad. Tak hanya disantap secara langsung sebagai lalapan atau bahan pelengkap salad, daun arugula juga dapat diolah menjadi bahan topping untuk pizza. Saat ini, daun arugula juga sudah mulai dibudidayakan di Indonesia.

 

 

Sumber gambar : pexels.com

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

Manfaat Daun Arugula yang Jarang Diketahui

 

Melansir dari halodoc.com berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi daun arugula yang jarang diketahui:

 

1. Membantu Melawan Kanker

Salah satu manfaat arugula yang mengesankan adalah diyakini dapat membantu melawan kanker. Menurut National Cancer Institute makanan sehat yang berasal dari keluarga sayuran Brassica, terkadang disebut sebagai pembunuh karsinogen (pemicu kanker). Di mana makanan ini menjadi rekomendasi utama sebagai langkah pencegahan kanker.

 

Perlu diketahui bahwa tanaman arugula memiliki kandungan senyawa glukosinolat. Nah, glukosinolat sendiri merupakan fitonutrien utama yang dipercaya berperan dalam melawan sel kanker. Untuk mekanismenya sendiri, senyawa ini nantinya akan bercampur dengan enzim pencernaan myrosinase, ketika dikunyah. Bercampurnya senyawa glukosinolat dan enzim myrosinase tersebut nantinya akan membentuk nutrisi pelawan kanker lainnya, yaitu isothiocyanate.

 

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi daun arugula adalah meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini lantaran kandungan vitamin K pada daun arugula yang tinggi. Alhasil, mengonsumsi arugula dapat meningkatkan penyerapan kalsium tubuh, sehingga dapat membantu tingkatkan kesehatan tulang. Selain itu, kesehatan tulang yang terjaga, tentunya juga dapat mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

 

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Daun arugula juga dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini berdasarkan sebuah tinjauan dari beberapa penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2016 silam. Di mana beberapa penelitian tentang sayuran hijau dan silangan tersebut menemukan, bahwa hampir 16 persen penurunan insiden penyakit kardiovaskuler. Khususnya pada mereka yang mengonsumsi lebih banyak sayuran ini.

 

4. Mengurangi Risiko Komplikasi Diabetes

Sayuran berdaun hijau seperti arugula juga mengandung senyawa asam alfa-lipoat, yaitu antioksidan yang bermanfaat, khususnya bagi pengidap diabetes. Sebab, senyawa ini berperan dalam meningkatkan kadar glukosa yang lebih rendah. Selain itu, senyawa asam alfa lipoat juga berperan untuk meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

 

5. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Manfaat daun arugula selanjutnya adalah diklaim dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. Sebab, daun arugula diketahui memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Perlu diingat bahwa vitamin C merupakan antioksidan kuat yang membantu mendukung sistem imunitas tubuh. Menariknya lagi, vitamin C juga berperan penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan penyerapan zat besi dari makanan.

 

 

Itulah beberapa manfaat daun arugula yang jarang diketahui. Mulai dari membantu melawan kanker, meningkatkan kesehatan tulang, hingga memperkuat sistem imun tubuh. Mengingat sayuran tersebut memiliki banyak manfaat kesehatan, tak ada salahnya untuk memasukkannya sebagai bagian dari menu sehari-hari. Kamu dapat mengonsumsi sayuran ini dengan dimakan secara mentah (setelah dicuci) atau sebagai bagian dari bahan makanan seperti sup.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp