Kewajiban Muassasah Mutawwif di Makkah (Wilayah Masyair Muqaddasah)

By. Siti Rahmawati - 26 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Muassasah At Towafah (Muassasah Mutawwif) di Makkah Adalah badan usaha (muassasah) yang berwenang melayani jamaah haji yang datang dari luar Kerajaan Arab Saudi di Makkah, dan memberikan seluruh pelayanan yang diperlukan di Makkah serta di Masyair, mengawasi keperluan dan kenyamanan jamaah haji serta memudahkan proses mereka sejak tiba di tanah suci dan ketika menunaikan ibadah haji sampai keberangkatan mereka ke negaranya.

 

Sumber gambar : haji.kemenag.go.id

 

 

Jumlahnya enam Muassasah, memperhatikan urusan jamaah hajinya berda berdasarkan pembagian geografis warga negara, yaitu:

 

1. Muassasah Mutawwif Jamaah Haji Negara-Negara Arab

2. Muassasah Mutawwif Jamaah Haji Negara-Negara Asia Tenggara.

3. Muassasah Mutawwif Jamaah Haji Negara-Negara Asia Selatan.

4. Muassasah Mutawwif Jamaah Haji Negara-Negara Afrika Non Arab.

5. Muassasah Mutawwif Jamaah Haji Iran

6. Muassasah Mutawwif Jamaah Haji Turki dan Umat Muslim Eropa, Amerika dan Australia.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Kewajiban Muassasah Mutawwif di Makkah (Wilayah Masyair Muqaddasah)

 

 1. Muassasah-muassasah mutawwif di Makkah harus disiplin mendirikan dan menyiapkan kavling-kavling tanah dan area yang didistribusikan secara resmi kepada mereka, dengan kemah-kemah yang diperlukan untuk sebanyak jumlah jamaah hajinya yang disahkan.

 

2. Muassasah-muassasah mutawwif di Makkah harus disiplin memberikan pelayanan bimbingan jamaahnya yang tersesat, melalui pos pelayanan dan pembimbingan jamaah tersesat di bawah pengawasan Kementerian Haji.

 

3. Muassasah-muassasah mutawwif di Makkah harus disiplin menyediakan pembimbing, bersama perusahaan-perusahaan angkutan jamaah haji, untuk setiap bus majmuah pelayanan lapangan yang berwenang, ketika memberangkatkan jamaah haji dari Makkah ke Mina dan Arafah.

 

4. Muassasah-muassasah mutawwif di Makkah harus disiplin dengan kebersihan kemah-kemah yang disiapkan untuk akomodasi jamaah haji di Masyair Muqaddasah dan menyediakan tenaga kerja yang diperlukan untuk kebersihan, serta menyediakan air minum yang bersih dan dingin, memantau ketersediaan penerangan yang sesuai, menyediakan penjaga keamanan untuk menjaga perkemahan dengan mengontrak salah satu perusahaan atau muassasah yang memiliki izin dari Keamanan Umum untuk penjagaan keamanan, paling sedikit dua orang untuk setiap pintu gerbang utama.

 

5. Muassasah-muassasah mutawwif di Makkah harus disiplin memasang papan-papan petunjuk permanen di kantor-kantor majmuah pelayanan lapangan di Masyair Muqaddasah, dan di pintu-pintu masuk perkemahan di Arafah dan Mina dengan warna khusus muassasah, dan agar papan-papan tersebut diterangi pada waktu malam.

 

6. Muassasah-muassasah mutawwif di Makkah harus disiplin dengan jadwal pemberangkatan jamaah haji ke jembatan 1 Jamarat, sesuai dengan mekanisme yang disahkan Kementerian Haji.

 

7. Muassasah-muassasah mutawwif di Makkah harus disiplin memantau kondisi jamaah haji yang dirawatinap di rumahrumah sakit, dan mengatur keluarnya mereka yang sembuh yang resmi dinyatakan oleh dokter telah membaik, sesuai koordinasi yang dilakukan dengan kantor Dinas Kesehatan di Masyair.

 

8. Muassasah-muassasah mutawwif di Makkah harus disiplin menyelesaikan proses pemakaman jamaah haji yang wafat, berdasarkan pernyataan dari muassasah atau salah majmuah pelayanan lapangan, yang mencantumkan keterangan yang diperlukan tentang jamaah wafat, setelah melakukan proses sesuai peraturan dengan misi haji yang berkepentingan dengan urusan jamaah haji wafat tersebut, dengan syarat harus disempurnakan setelah kembali dari Mina penyerahan paspornya untuk menyelesaikan proses sesuai peraturan dan mendapatkan sertifikat wafat untuk diserahkan kepada perwakilan atau misi haji jamaah yang wafat.

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp