Hati-hati Pencuri Di Tanah Arab ! Berkedok Sebagai Anak-anak Yang Mengemis Hingga Berjualan

By. Siti Rahmawati - 27 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sebagai Calon Jemaah Haji (CJH)  maupun umrah, anda mesti berhati-hati jika berada di kawasan Masjidil Haram. Karena, ternyata ada banyak anak-anak nakal yang berkelakuan pencuri namun berkedok pengemis.

 

Sebagai calon jemaah haji, sebaiknya lebih bersikap berhati-hati selama di tanah suci. Meski di kota Mekkah dan Madinah terkenal keamanannya yang ketat, tapi tak jarang ada saja celah untuk para copet beraksi.

 

 

sumber gambar : youtube.com/ Alman Mulyana

 

 

Dilansir Youtube TKI Arab Saudi Asal Indonesia @Almanmulyana yang terkenal itu, menyarankan agar Calon Jemaah Haji berhati-hati karena sasaran nya CJH.

 

Mereka kerap menggunakan modus menjadi pengemis, atau sebagai penjual pakan burung. Sementara rekan lainnya mungkin merogoh tas atau dompet para jemaah haji. Bahkan tak jarang yang melancarkan aksi mencopetnya dengan memanfaatkan anak kecil. Diceritakannya, saat ini para pengenis sedang menyerbu Kota Mekkah, kebanyakan mereka anak kecil yang berkedok meminta-minta, namun orang tuanya memantau dari kejahuan.

 

Mesti hati-hati dalam menghadapinya karena bukan tidak mungkin dia menghampiri Jemaah asal negara kita, Indonesia.  Nah, selain berkedok pengemis anak-anak tadi juga memiliki kedok jualan makanan burung, jadi saat kita mengeluarkan tas bahkan dompet ia langsung mengambilnya dan berlarian. Makanya itu jangan dilakukan jika mau sodaqoh siapkan uang pas, begitu juga dengan membeli makanan burung siapkan uang seadanya, sesuai harga per paket makanan burung tadi.

 

 

Baca juga:

 

 

 

"Jangan pula pernah mengeluarkan ID Card saat membeli makanan burung tadi karena setelah itu pasti di serbu rombongan anak anak tadi, ia akan terus memepet kita karena dianggap orang datangan," jelas Alman sembari menunjukan video anak-anak berjualan makanan burung dijalanan itu.

 

Makanya untuk keamanan jemaah haji, harus waspada, bukan bermaksud menakut-nakuti, karena kebanyakan jemaah haji dari Indonesia itu usia lanjut diatas 50 tahun umurnya, sedangkan anak-anak tadi larinya kencang sekali.  Sekali lagi, Kang Alman sapaannya, mengingatkan jika mau sedekah siapkan uang pas, begitu juga saat mau beli makanan burung juga disiapkan uang pas.

 

Lebih lanjut, Alman menyampaikan, pengemis itu tadi banyak berkeliaran di pelataran masjid, sebaiknya harap lebih berhati hati, penampipannya anak anak, dengan modus jualan makanan burung bahkan pengemis tapi ujung-ujungnya mencuri.

 

 

Baca juga:

 

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp