Mengintip Fasilitas Tenda di Mina yang Semakin Nyaman, Mulai dari Pendingin Hingga Lantai yang Telah Dikeramik

By. Siti Rahmawati - 28 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com - Perbaikan penyelenggaraan ibadah haji terus diperbaiki dari seluruh sektor lini, baik bentuk pelayanan di tanah air maupun ketika pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.

 

Tidak tertinggal Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1444 H/ 2023 M terus berupaya memperbaiki kualitas layanan bagi jemaah haji Indonesia. Pelayanan ini meliputi beragam sektor, termasuk di Arfah dan Mina.

 

 

Mengutip dari Laman Kumparan.com Wakil Ketua PPIH Arab Saudi Tahun 1444 H mengatakan, bahwasannya tahun ini ada empat peningkatan layanan di Arafah dan Mina.  Mulai dari penambahan jumlah toilet di Arfah. Diungkapkan pula rasio kamar mandi di Arafah lebih baik dari tahun sebelumnya. yang sebelumnya 1:150 tahun ini menjadi 1:50.

 

 

Tak hanya fasilitas kamar mandi yang semakin baik, fasilitas tenda penginapanpun juga tidak lepas dari perbaikan fasilitas. Dikutip dari laman Kumparan.com Tenda untuk jemaah haji sudah berdiri di Mina. Tampaknya tenda jemaah akan semakin sejuk dengan berbagai tambahan fasilitas.

 

 

Sumber gambar : kumparan.com

 

 

Baca juga:

 

 

 

Salah satu yang baru tahun ini, yakni tenda kini beralas keramik. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, dengan adanya keramik diharapkan bisa menurunkan suhu udara.

"Iya, lantai sudah keramik. Saya kira ini juga akan menurunkan temperatur suhu cuaca yang sangat panas," kata menteri yang akrab disapa Gus Men, di Mina, Makkah.

Suhu udara di Makkah memang sedang panas-panasnya. Suhu saat puncak haji diperkirakan mencapai 50 derajat Celsius.

 

Untuk itu, Gus Men juga meminta tambahan sejumlah fasilitas kepada masyariq (perusahaan penyedia layanan haji di Masya'ir atau Arafah, Muzdalifah, dan Mina). Salah satunya penyemprot air di setiap sudut maktab.

"Saya minta supaya dikasih semprotan air di tiap sudut untuk jemaah supaya jemaah merasakan lebih dingin," tambah dia.

 

 

Meski begitu, pengaturan suhu di dalam tenda juga penting. Sebab, jemaah haji lansia memiliki kondisi tubuh yang berbeda.

"Tadi saya minta juga angin-angin ini di blower ini diatur supaya enggak ngadep ke bawah karena tahun lalu banyak jemaah kita tidak nyaman masuk angin karena blowernya mengarah ke bawah," ucap dia.

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp