Hati-hati Penyakit ‘Ain, Ketahui Penyebabnya!

By. Siti Rahmawati - 07 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Penyakit ain atau yang juga dikenal sebagai penyakit mata jahat adalah sebuah penyakit yang diyakini dapat menimbulkan berbagai macam gangguan. Seseorang yaang terkena ain dapat mengalami sakit kepala, mual, lelah, dan lain sebagainya.

 

Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung keberadaan penyakit ini, tetapi di dalam agama Islam, penyakit ain dianggap sebagai sebuah realitas yang harus diwaspadai. Lantas, apa sebenarnya penyebab dari penyakit ain? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

sumber gambar : freepik.com

 

Pengertian Penyakit Ain

Dalam Islam diketahui bahwa pandangan mata bisa menyebabkan seseorang jatuh sakit, yang mana terkena penyakit ain. Penyakit ini dapat mengenai anak-anak hingga orang dewasa.

Dikutip dari NU online, 'ain diartikan oleh para ulama dengan:

 

والعين نظر باستحسان مشوب بحسد من خبيث الطبع يحصل للمنظور منه ضرر

Artinya: "Ain adalah pandangan kagum atau takjub disertai dengan rasa iri dengki dari seseorang yang memiliki tabiat buruk yang mengakibatkan adanya bahaya pada orang yang dilihatnya."

 

Penyakit ain adalah sebuah penyakit yang diyakini dapat ditimbulkan oleh pandangan mata yang jahat atau iri hati dari orang lain. Seringkali, penyakit ini tidak terasa tetapi ternyata efeknya sangat berbahaya.

 

Dikutip dari buku Menuju Jalan Allah karya Putri Syajah, dijelaskan oleh Al Lajnah Ad Daimah: "Ain dari kata 'aana - ya'iinu yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respons jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut."

 

Baca juga :

 

Penyebab Penyakit Ain

Penyakit ini seringkali dihubungkan dengan kepercayaan-kepercayaan mistis atau spiritual, sehingga tidak banyak bukti ilmiah yang dapat mendukung keberadaannya. Namun, di dalam agama Islam, umat muslim harus mempercayai penyakit ini sebab Rasulullah SAW telah membenarkannya.

 

Hadits Rasulullah SAW tercantum dalam buku Tartil Al-Qur'an Untuk Kecerdasan Dan Kesehatanmu susunan Ustadz Rizem Aizid. Dari Ibnu Abbas RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Ain (mata jahat) itu benar-benar adanya. Jika seandainya ada sesuatu yang mendahului takdir, maka ain-lah yang melakukannya. Apabila kamu diminta untuk mandi, maka mandilah."

(HR Muslim)

 

Adapun beberapa penyebab penyakit 'ain dfiantaranya :

1. Iri Hati

Iri hati adalah salah satu penyebab utama dari penyakit ain. Ketika seseorang merasa iri terhadap kesuksesan atau kebahagiaan orang lain, maka pandangan matanya dapat menimbulkan energi negatif yang dapat mempengaruhi kesehatan orang yang menjadi sasarannya.

 

2. Dendam

Dendam adalah perasaan yang sangat kuat terhadap seseorang yang pernah melakukan kesalahan atau kejahatan terhadap kita. Ketika seseorang merasa dendam, maka pandangan matanya dapat menimbulkan energi negatif yang dapat mempengaruhi kesehatan orang yang menjadi sasarannya.

 

Allah SWT telah berfirman sebagai bentuk peringatan kepada seluruh hamba-Nya untuk menjaga kebaikan untuk diri masing-masing:

"Dan jika kamu merasakan sesuatu (keburukan) maka sesungguhnya keburukan itu dari dirimu sendiri."

(QS. An-Nisa: 79)

 

3. Cemburu

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Janganlah kalian saling mencelakai, janganlah kalian saling membenci, janganlah kalian saling memusuhi, dan janganlah kalian saling mendengki, dan janganlah kalian saling membelakangi."

(HR. Muslim)

Artinya, kita harus selalu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia dan menghindari perasaan negatif seperti dendam, iri hati, dan cemburu.

 

4. Sihir

Sihir atau ilmu hitam adalah salah satu penyebab dari penyakit ain. Sihir dapat membuat seseorang menjadi mudah terserang penyakit ain karena energi negatif yang dihasilkan oleh sihir tersebut. Untuk menangkal sihir, umat muslim dapat mengamalkan bacaan surat-surat Al Mu'awwidzatain yang diturunkan kepada Rasulullah, yaitu surat Al Falaq dan An Nas.

 

5. Pengaruh Lingkungan

Lingkungan sekitar juga dapat mempengaruhi terjadinya penyakit ain. Misalnya, ketika seseorang berada di lingkungan yang penuh dengan energi negatif, maka ia dapat lebih mudah terserang penyakit ain.

 

Kesimpulannya, penyakit ain adalah sebuah penyakit yang diyakini dapat ditimbulkan oleh pandangan mata yang jahat atau iri hati dari orang lain. Penyebab utama dari penyakit ini adalah iri hati, dendam, cemburu, sihir, dan pengaruh lingkungan.

 

Oleh karena itu, umat muslim harus selalu menjaga perasaan positif dan menghindari perasaan negatif seperti iri hati, dendam, dan cemburu. Kita juga harus selalu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia dan menghindari perasaan negatif seperti dendam, iri hati, dan cemburu.

 

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp