Sholat Sunnah Rowatib: Jenis-jenis dan Keutamaannya

By. Darma Taujiharrahman - 17 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Sholat sunnah rawatib adalah ibadah sunnah yang dilakukan sebagai pelengkap dan pengganti dari sholat wajib. Ibadah ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim sebagai bentuk pengingkaran terhadap sholat wajib yang telah ditinggalkan atau sebagai sarana untuk menjaga kesempurnaan ibadah sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang sholat sunnah rawatib, mengapa penting untuk melaksanakannya, dan bagaimana cara melaksanakannya.

 

Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib

Sholat sunnah rawatib memiliki banyak manfaat dan pentingnya bagi umat Muslim. Beberapa alasan mengapa sholat sunnah rawatib penting dilakukan antara lain:

 

  • Pengganti Sholat Wajib yang Ditinggalkan: Sholat sunnah rawatib dapat dijadikan pengganti bagi sholat wajib yang ditinggalkan. Jika seseorang melewatkan sholat wajib, maka dengan melaksanakan sholat sunnah rawatib dapat menggantikannya. Sehingga, kesempurnaan ibadah tetap terjaga meskipun ada sholat wajib yang terlewatkan.

 

Baca juga:

 

  • Menjaga Konsistensi Ibadah: Sholat sunnah rawatib juga dapat menjadi sarana untuk menjaga konsistensi dalam melaksanakan ibadah sehari-hari. Dengan melibatkan ibadah sunnah rawatib dalam rutinitas harian, seorang Muslim dapat menjaga momentum ibadahnya dan meningkatkan kecintaan dan kualitas dalam beribadah kepada Allah SWT.
  • Mendekatkan Diri kepada Allah SWT: Sholat sunnah rawatib juga merupakan ibadah yang dapat membantu seorang Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan melibatkan ibadah sunnah rawatib dalam rutinitas ibadah sehari-hari, seorang Muslim dapat meningkatkan kualitas hubungannya dengan Allah SWT dan merasa lebih dekat dengan-Nya.
  • Meningkatkan Pahala dan Keberkahan: Setiap ibadah sunnah yang dilakukan dengan ikhlas dan konsisten akan mendatangkan pahala dan keberkahan. Begitu pula dengan sholat sunnah rawatib, yang jika dilaksanakan dengan penuh keikhlasan dan konsistensi, akan meningkatkan pahala dan keberkahan dalam hidup seorang Muslim.

 

Sejatinya sholat sunnah rawatib merupakan kategori sholat sunnah yang muaqqot artinya terikat dengan waktu tertentu yaitu dengan lima waktu sholat fardu. Dan berdasarkan jenisnya berikut ini macam-macam sholat sunnah rowatib.

 

Sholat Sunnah Rawatib Qabliyah

Sholat Sunnah Rawatib Qabliyah adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat wajib. Sholat ini meliputi dua rakaat sebelum maghrib, dua rakaat sebelum isya’ dua rakaat sebelum Shubuh, empat rakaat sebelum Dzuhur, dan empat rakaat sebelum Ashar.

 

Sholat Sunnah Rawatib Ba'diyah

Sholat Sunnah Rawatib Ba'diyah adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat wajib. Sholat ini meliputi dua rakaat setelah Maghrib, dua rakaat setelah Isya, dan empat rakaat setelah Dzuhur.

 

Beberapa dalil yang memperkuat posisi sholat ini adalah dijelaskan sebagai berikut.

 

Shalat Zuhur dilengkapi dengan empat rakaat sebelum dan sesudah shalat fardhu. Dalilnya, hadits Nabi shalallahu alaihi wasallam yang berbunyi:

من حافظ على أربع ركعات قبل الظهر وأربع بعدها حرمه الله على النار  

Artinya, “Siapa orang yang menjaga empat rakaat sebelum Zuhur dan empat rakaat setelahnya, maka Allah haramkan ia masuk neraka.”   Lafal niatnya, Ushallî sunnatad dhuhri arba‘a raka‘âtin/rak‘ataini qabliyyatan/ba'diyatan lillâhi ta‘âlâ, “Saya shalat sunnah qabliyah/ba’diyah Zuhur empat rakaat/dua rakaat karena Allah ta’ala.

 

Kemudian pada sunnah ba’diyah maghrib berdasar pada sebuah hadits yang berbunyi:

 من صلى بعد المغرب ركعتين قبل أن يتكلم كتبتا في عليين  

Artinya, “Siapa orang yang shalat dua rakaat setelah Maghrib sebelum ia sempat berbicara apa pun, maka pahalanya akan dicatat di surga Illiyyin.” 

 

Baca juga:

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp