10 Sunnah Dalam Wudhu, Nomor 1 Mudah Sekali

By. Darma Taujiharrahman - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com – Hai sobat Annabil!!! Taukah kalian bahwa ada beberapa ketentuan-ketentuan yang menjadi sunnah pada wudhu. Yuk simak penjelaskan berikut ini.

 

Tentunya kita semua telah mengetahui tentang hukum dari melaksanakan amalan wudhu yang mana beberapa diantarnya adalah menjadi syarat sahnya ibadah seperti sholat, memegang mushaf ataupun thawaf.

 

Baca juga: 6 Jenis Air Untuk Bersuci, Nomor 5 Jarang Disadari

Dalam pengertiannya dijelaskan bahwa wudhu memiliki definisi sebagai suatu amalan yang berfungsi untuk menghilangkan hadas (kotoran) guna mencapai kondisi suci agar dapat melaksanakan ibadah yang mensyaratkan kesucian dari hadas (kotoran).

 

Penjelasan yang berkaitan tenang wudhu telah disampaikan Allah SWT dalam al-Quran surat al-Maidah ayat 6 dan beberapa hadist Nabi SAW.  

 

Dikutip dari beberapa Hadist Nabi Muhammad SAW ada setidaknya 10 sunnah yang dapat diamalkan dalam berwudhu. Dengan mengamalkan sunnah-sunnah tersebut tentunya akan meningkatkan kualitas wudhu seorang muslim.

 

Baca juga: 6 Macam Najis Yang Perlu Kamu Ketahui, Nomor 6 Jangan Dilalaikan

 

Sebelum membahas tentang sunnah dalam wudhu perlu diketahui apa saja rukun atau kewajiban yang harus dilakukan dalam berwudhu diantanya yaitu: niat, membasuh muka, membasuh kedua tangan hingga siku, menyapu atau mengusap sebagian dari kepala, membasuh kedua kaki hingga kedua mata kaki, dan dilakukan secara tertib.

 

Diluar keenam rukun yang harus dilakukan saat wudhu, terdapat 10 sunnah lainnya yang tidak sulit untuk dilakukan. Berikut penjelasannya

 

Berikut 10 sunnah wudhu yang dianjurkan Rasulullah SAW

1 Membaca bismillah

2 Membasuh kedua telapak tangan sebelum memasukkan ke wadah air

4 Menghirup air ke hidung

5 Mengusap seluruh kepala

6 mengusap telinga bagian luar dalam dengan air baru

7 Menyisir jenggot tebal dengan jari

8 Membasuh sela-sela jari tangan dan kaki, dan mendahulukan dari baigan kanan baru kemudian kiri

9 Menyucikan masing-masing tiga kali

10 Tidak terputus, dalam keterangan dijelaskan dalam proses wudhu jangan sampai ada bagian yang kering saat selesainnya wudhu

 

Selain daripada kesepuluh sunnah tersebut pada dasarnya Nabi Muhammad SAW juga pernah hampir memerintahkan kepada umatnya untuk bersiwak atau sikat gigi sebelum memulai prosesi wudhu. Hadist tersebut diriwayatkan oleh Malik, Ahmad dan Nasai.

 

Semoga dengan diketahuinya amalan sunnah dalam berwudhu ini, kita semua dapat bermuhasabah untuk meningkatan kualitas wudhu kita tidak hanya sebatas menggukurkan kewajiban saja namun juga meningkatkan keberkahan yang dapat diraih.

 

WaAllahu a'lam bissowab

 

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di batemuritour.cs@gmail.com

 

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dibasuh Saat Wudhu, Nomor 2 Jangan Diremehkan



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp