Mengenal Bandara Udara Internasional King Abdulaziz, Jeddah Saudi Arabia

By. Darma Taujiharrahman - 05 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hai sobat batemuri sekalian, siapa yang tidak familiar dengan Bandara Udara Internasional King Abdulaziz? tentunya kebanyakan dari kalian sudah mengenal bandara ini. Yuk simak ulasannya berikut ini

 

Bandar Udara Internasional King Abdulaziz (BUIKA) (bahasa Arab: مطار الملك عبدالعزيز الدولي) (IATA: JED, ICAO: OEJN) merupakan bandara udara utama yang melayani kota Jeddah di Arab Saudi. Bandar udara ini diberi nama seperti nama Raja Arab Saudi pertama, Abdul Aziz dari Arab Saudi.

 

Lebih dari 41 juta orang menggunakan bandara ini pada tahun 2018, menjadikannya yang terbesar ketiga dan tersibuk di Arab Saudi. Bandara yang menyandang nama Raja Abdulaziz Al Saud dan dibuka pada tahun 1981 ini menangani sebagian besar pelancong internasional dan bertindak sebagai hub utama untuk Saudia, maskapai penerbangan nasional Arab Saudi.

 

Bandara ini menawarkan fasilitas yang dibutuhkan untuk pelayanan jemaah haji dan mereka yang berkunjung ke negara itu untuk menunaikan umrah. Terminal Utara, Terminal Haji, dan Terminal 1 baru adalah tiga terminal penumpang aktifnya. Terminal Haji dibuat khusus untuk peziarah Muslim yang melakukan ziarah tahunan ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Pada tahun 2020, fasilitas vaksinasi COVID-19 dibuka di terminal keempat, juga dikenal sebagai terminal Selatan.

 

Lapangan udara mencakup ruang seluas 105 kilometer persegi. (41 mil persegi). Selain bandara itu sendiri, ini juga memiliki terminal kerajaan, fasilitas Pangkalan Udara Raja Abdullah untuk Angkatan Udara Kerajaan Saudi, dan perumahan personel. KAIA airstrip dibangun dari tahun 1974 hingga selesai pada tahun 1980. Setelah diresmikan pada bulan April 1981, bandara ini akhirnya mulai menerima penumpang pada tanggal 31 Mei 1981.

 

Bagi masyarakat Indonesia, tentunya bandara King Abdulaziz ini sangatlah banyak dikenal mengingat penerbangan Indonesia ke Saudi Arabia banyak dilakukan melalui bandara tersebut.

 

Berikut ini deretan maskapai penerbangan yang membuka jalur Indonesia - Jeddah dari berbagai kota.

Maskapai

Bandara Keberangkatan

 

Batik Air

 

Jakarta-Soekarno-Hatta, Makassar, Medan, Palembang, Surabaya, Surakarta/Solo

 

 

Citilink

 

Musiman: Jakarta-Soekarno-Hatta, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Surabaya, Surakarta/Solo

 

 

Garuda Indonesia

 

Jakarta-Soekarno-Hatta

Musiman: Balikpapan, Banda Aceh, Makassar, Medan, Padang, Surabaya, Surakarta/Solo

Haji: Banjarmasin, Palembang

 

 

Lion Air

 

Jakarta-Soekarno-Hatta

Musiman: Balikpapan, Banda Aceh, Makassar, Padang, Palembang, Pekanbaru, Surabaya, Surakarta/Solo

 

 

Saudia

 

Jakarta-Soekarno-Hatta, Medan

Musiman: Surabaya, Padang

 

 

Sekian informasi seputar perjalan umrah ataupun haji.

Untuk informasi yang lebih lengkap khususnya seputar perjalanan umrah dan haji silahkan kunjungi tips pada website kami di www.batemuritour.com, Salam....









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp